Simpatisan PAN Manuver Dukung Anies Jadi Presiden, Demokrat Sepi Komentar: Dinamika Parpol Sahabat Bukan Kapasitas Kami

Simpatisan PAN Manuver Dukung Anies Jadi Presiden, Demokrat Sepi Komentar: Dinamika Parpol Sahabat Bukan Kapasitas Kami Kredit Foto: Istimewa

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra tak banyak berkomentar soal adanya dukungan Anies Baswedan sebagai Presiden 2024 dari kader Partai Amanat Nasional (PAN). Menurutnya, hal itu urusan internal partai tersebut.

"Kami hanya fokus membangun soliditas dukungan di internal parpol kami. Apapun dinamika di parpol-parpol sahabat, katakanlah jika memang benar ada perbedaan aspirasi di dalamnya, tentu itu ranah internal mereka. Kami tidak dalam kapasitas untuk mengomentarinya," katanya dalam pernyataan yang diterima Populis.id pada Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: NasDem Ogah Anies Dicap dengan Politik Identitas, Johnny: Boleh Bertarung Memenangkan Tapi Abis itu...

Ia menyebutkan bahwa saat Demokrat fokus menyiapkan fondasi yang kokoh untuk koalisi perubahan. Memfinalkan platform dan desain pemerintahan, yang sesuai dengan arah dan strategi kebijakan perubahan dan perbaikan.

"Kami juga membahas kriteria sosok pemimpin nasional dan cara memilihnya di internal kami, yang dianggap tepat dan mampu mengawal pemerintahan bervisi perubahan dan perbaikan serta mengimplementasikan program-program yang berpihak kepada rakyat yang kami susun," tuturnya.

Baca Juga: Banyak Kader PAN Minta Anies Jadi Presiden, Relawan Amanat Hanya Bantu Dorong dan Gak Punya Afiliasi Partai

Menurutnya, jika memang ada elemen bangsa lain yang ingin bergabung bersama Demokrat, Nasdem, dan PKS, memperjuangkan perubahan dan perbaikan maka pihaknya sambut dengan tangan terbuka.

"Hanya, yang perlu ditekankan adalah kami tidak bisa masuk ke ranah internal parpol sahabat," tegas Herzaky.

Baca Juga: Suara Partai KIB Makin Vulgar Dukung Anies di Pilpres, Buntut Kekecewaan Terhadap Koalisi yang Bakal Usung Ganjar

Sebelumnya, seumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang tergabung dalam Amanat Indonesia (ANIES) ramai-ramai mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan untuk menjadi Calon Presiden di 2024. 

Anggota ANIES pun dari berbagai lapisan kader, dari mulai pendiri atau deklarator PAN, mantan dan anggota DPR RI, pimpinan dan pengurus partai. Koordinator Amanat Indonesia, Sahrin Hamid menyebutkan bahwa Anies cocok memimpin Indonesia karena kerja selama menjadi Gubernur DKI Jakarta sudah teruji.

Baca Juga: Rizal Ramli Bayar Orang untuk Habisi Gibran, Benarkah?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover