Tidak Benar, Gempa di Cianjur Menelan 4.000 Korban Meninggal Dunia

Tidak Benar, Gempa di Cianjur Menelan 4.000 Korban Meninggal Dunia Kredit Foto: BPBD Kabupaten Cianjur

Video terkait gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 24 November 2022. 

Video itu disertai sampul dan judul yang mengeklaim bahwa korban meninggal dalam bencana gempa bumi di Cianjur mencapai 4.000 jiwa. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Lakukan Kunjungan Kedua ke Lokasi Gempa Cianjur: Saya Ingin Memastikan Proses Evakuasi Berjalan dengan Baik

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"CCTV GEMPA CIANJUR MENGENASKAN 4000 KORBAN TEWAS.!!SADIS DPRD TUDUH(BMKG) SEPERTI INI 

kpk Berita viral.!!Miris cctv gempa jianjur, S4dis dpr salahkan(bmkg) sampai begini..!!" 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar korban meninggal dalam peristiwa gempa di Cianjur mencapai 4.000 jiwa. 

Video tersebut hanya menarasikan artikel dari Tempo.co dengan judul "Kisah Korban Gempa Cianjur, Bermalam Bersama Jenazah di Tenda Pengungsian", tayang pada 23 November 2022. 

Baca Juga: Astagfirullah.. Warga Cianjur Dilanda Gempa, Orang Ini Malah Mencak-mencak: yang Dipikirin Sumbangan Terus, Manja, Lebay!

Melansir Antara Sultraper 24 November 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 272 korban meninggal dunia akibat bencana gempa di Cianjur. Dari 272 korban meninggal, 165 jenazah di antaranya sudah teridentifikasi identitasnya sementara 107 jenazah lainnya masih diverifikasi. 

Dengan demikian, video dengan klaim korban meninggal pada bencana gempa di Cianjur mencapai 4.000 jiwa adalah tidak benar. Faktanya, korban meninggal yang tercatat hanya 272 jiwa. 

Baca Juga: Takut Bobo Lagi Dipenjara, Habib Rizieq Ogah Ikut-Ikutan Demo: Kalau Dipenjara, Saya Gak Bisa Kumpul Sama Ummat!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover