Video UAS Sebut ‘ISIS’ Bagus Jadi Kontroversi, Pendeta Ini Justru Kasih Pembelaan: Ini Pembohongan Publik!

Video UAS Sebut ‘ISIS’ Bagus Jadi Kontroversi, Pendeta Ini Justru Kasih Pembelaan: Ini Pembohongan Publik! Kredit Foto: Instagram/Ust Abdul Somad

Seorang pendeta bernama Frans Donald memberikan klarifikasi atas video ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) soal gerakan Negara Islam Irak-Suriah (ISIS) yang dipotong-potong sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda.

Awalnya, Frans menayangkan video ceramah UAS tentang ISIS. Dalam video editan yang menimbulkan kontroversi itu, seolah-olah menunjukkan kalau pendakwah itu pro terhadap gerakan tersebut.

Baca Juga: Suara Partai KIB Makin Vulgar Dukung Anies di Pilpres, Buntut Kekecewaan Terhadap Koalisi yang Bakal Usung Ganjar

“Apa pendapat ustaz tentang ISIS? Bagus saya bilang. Siapa yang tidak ikut kepada ISIS, kafir, halal darahnya,” bunyi video ceramah UAS yang telah dipotong.

Pendeta Frans kemudian mengatakan, “Seolah-olah Abdul Somad pernah berkata ‘saya pernah ditanya, bagaimana pendapat Anda tentang ISIS? Bagus’, langsung dipotong di situ (videonya).”

“Videonya Abdul Somad, ceramahnya itu dipotong di situ. Saya akan tampilkan video aslinya, perhatiin baik-baik,” sambungnya, dikutip Populis.id dari postingan akun TikTok @tarnos1945 yang diunggah pada Kamis (24/11/2022).

Setelah itu, Pendeta Frans menampilkan video penuh ceramah UAS yang mengaku pernah ditanya pendapatnya tentang ISIS.

Baca Juga: Qatar Larang Simbol LGBT Dipuji, Eh Pas Singapura Tolak UAS Malah Dimaki, Abu Janda: Emang Dasar Kaum Otak Error!

“ISIS, bagi yang mau mencari tulisan Arabnya, namanya DAIS. Jadi kalau Anda menyebut ‘bingung saya pak ustaz, apa ini DAIS. DAIS itu artinya Daulah Islamiyah Iraq wa Suriah, DAIS. Bahasa Inggrisnya ISIS, Islamic State of Irak and Syria,” jelasnya.

Baca Juga: Demi Jegal Anies, Benarkah Jokowi Mengubah UU Pemilu?

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover