Airlangga Buka Peluang Tambung Parpol, PDIP Disebut-sebut Punya Kans Besar Merap ke KIB

Airlangga Buka Peluang Tambung Parpol, PDIP Disebut-sebut Punya Kans Besar Merap ke KIB Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Peneliti Politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menyebut bahwa ada partai lain yang akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Diketahui, saat ini postur KIB masih terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Wasisto menduga, partai yang berpotensi bergabung ke KIB adalah partai yang belum ada di Parlemen.

Baca Juga: Loyalis FPI Blak-blakan Sebut Kebaya Bukan Warisan Budaya NKRI: Nenek Moyangnya Orang Indonesia Aja Aslinya Telanjang, Nggak Pakai Baju!

"Kalau soal penambahan parpol, bisa kemungkinan dari parpol non parlemen mengingat parpol-parpol parlemen sudah punya poros Masing-masing," kata Wasisto saat dikonfirmasi Populis.id, Jumat (25/11/2022).

Kendati begitu, masih ada peluang bagi PDI Perjuangan untuk bergabung ke KIB. Sebab, partai yang dikomandoi oleh Megawati Soekarnoputri itu sampai detik ini belum menunjukkan arah politiknya dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Potensi itu ada, namun sepertinya PDIP masih memperhatikan tensi politik yang ada terlebih lagi koalisi-koalisi yang ada belum punya konklusi pasti soal kandidat yang akan diusung," ujarnya.

Apalagi, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang santer disebut-sebut sebagai bakal calon presiden dari KIB. Jika itu benar terjadi, bukan hal yang mustahil PDIP untuk merapat ke KIB selagi ada kesepakatan internal.

"Saya pikir tergantung dari pembicaraan internal PDIP. Sejauh ini loyalitas kader selalu menunggu keputusan ketua umum soal nominasi capres," ungkapnya.

Baca Juga: AHY Muka Tembok! Nih Bocah Sesekali Harus Pidato di Depan Candi Hambalang Warisan Bapaknya Sambil Kritik Jokowi, Pasti Terlihat Dewasa!

Baca Juga: Anak Buah AHY Kegep Sebar Hoaks Serang Jokowi Soal Gempa Cianjur, Musuh Rizieq Shihab dan Bahar Smith Mendidih: Nggak Usah Ngeles Lo!

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum menentukan capres dan cawapres karena masih menunggu penambahan partai baru.

“Iya, kita mau nambah,” kata Airlangga saat menjadi salah satu narasumber di salah satu  acara di BTV, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Pengungsi Cianjur Copot Label Gereja, Pak Polisi: Tidak Intoleransi, Cuman Stikernya yang Dibuka, Tendanya Tetap Dipakai!

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover