Jokowi Kumpul Bareng Ribuan Relawannya di GBK, Mazzini: Aneh, Jabatan Presiden Aktif Ngumpulin Relawan Pemilu Dulu, Harusnya Dibubarin

Jokowi Kumpul Bareng Ribuan Relawannya di GBK, Mazzini: Aneh, Jabatan Presiden Aktif Ngumpulin Relawan Pemilu Dulu, Harusnya Dibubarin Kredit Foto: (Antara/Melalusa Susthira K)

Pegiat sejarah, Mazzini GSP, mengomentari acara 'Nusantara Bersatu' yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pembicara dan ribuan relawannya di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Mazzini merasa aneh dengan acara tersebut, karena menurutnya, Presiden Jokowi yang yang sudah menjabat dua periode tidak kunjung membubarkan para relawannya. Padahal, lanjut dia, para relawan dibubarkan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) berakhir.

"Keanehan yg jarang dianggap aneh, malah dinormalisasi. Sudah jadi presiden 2 periode tapi gak pernah membubarkan relawannya saat pemilu dulu. Aneh sih presiden masa jabatan aktif ngumpulin relawan pemilu pas dulu, padahal di mana-mana relawan pemilu kalau pemilu lewat ya bubarin," tulis Mazzini di akun Twitternya yang dikutip Populis.id, Sabtu (26/11/2022).

Dia menjelaskan, tujuan relawan dibubarkan setelah Pemilu agar pemimpin terpilih menjadi milik seluruh rakyat, termasuk orang yang tidak memilihnya saat itu.

"Paham sih, relawan itu tetap beliau pertahankan, karena dia (Presiden Jokowi) bukan ketua umum di partai, kalau untuk antisipasi tekanan partai, masih oke," katanya.

Baca Juga: Abu Janda Singung UAS Soal Larangan LGBT di Qatar, Tokoh NU Gus Umar Berang: Otak Lu Error, Itu Dilarang Gegara Ada Kisah Nabi Luth AS!

"Tapi kalau relawan tadi dipakai lagi untuk mobilisasi dukungan massa terkait keputusan yg kontroversial atau digunakan lagi dalam pilkada yg diikuti anggota keluarga dan akhirnya dipakai untuk pemilu seterusnya, ya aneh," lanjut Maziini.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover