Pernyataan Jokowi soal Pemimpin Rambut Putih Menyinggung Prabowo Buat Dukung Ganjar Pranowo?

Pernyataan Jokowi soal Pemimpin Rambut Putih Menyinggung Prabowo Buat Dukung Ganjar Pranowo? Kredit Foto: twitter/@miduk17

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal ciri-ciri fisik pemimpin yang memikirkan rakyat, mulai dari banyak kerutan di wajah hingga rambut bewarna putih semua dinilai cukup aneh.

"Kalau narasi rambut putih, berkumis itu aneh-aneh," tutur pengamat politik Jerry Masie saat dihubungi Akuratco, Sabtu (26/11/2022). 

Ditambah, pernyataan Jokowi tersebut dinilai dapat menyinggung capres lainnya yang mempunyai rambut berwarna hitam.

“Jadi menurut saya bahasanya kurang cerdas, mencari pemimpin yang berambut putih. Nah, nanti (capres) rambut-rambut hitam bisa tersinggung, gitu kan," kata Jerry. 

Bahkan, menurutnya Jokowi secara tak langsung menyinggung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Jokowi sempat melayangkan pernyataan bahwa Pemilu 2024 merupakan jatah Prabowo untuk menjadi presiden. 

"Di satu sisi dia bilang menjagokan Prabowo tapi di satu sisi kan dia tidak menyebut badannya agak lebar tapi tidak berambut putih. Nah, berarti secara tidak langsung dia menyinggung Prabowo. Otomatis dia tidak menyinggung Prabowo," ucap Jerry. 

"Kesannya ini bahasannya mendukung Ganjar Pranowo," lanjutnya.

Diketahui, Jokowi berharap agar masyarakat berhati-hati dalam mencari pemimpin di Pilpres 2024.

Baca Juga: Bilangnya GBK Dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 Tapi Kok Dipakai, Relawan Jokowi: Kalau Ini Memang Jadi Protes, Ya Kita Mohon Maaf Lah

"Dalam mencari pemimpin ke depan, pemimpin seperti apa yang kita cari? Hati-hati saya titip hati-hati, pilih pemimpin hati-hati, pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat," tutur Jokowi saat memberikan pidato sambutan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Ia mengingatkan agar masyarakat mencari pemimpin yang tak hanya memimpin dengan duduk manis di istana, tapi pemimpin yang senang dan mau turun ke bawah, serta mau merasakan keringat rakyat.

Ia pun mengatakan pemimpin yang memikirkan rakyat juga bisa dilihat dari penampilan wajahnya, seperti mempunyai banyak kerutan sampai berambut putih.

"Keliatan banyak kerutan di wajahnya karena 'mikirin' rakyat, ada juga yang 'mikirin' rakyat sampai rambutnya putih semua. Jadi pemimpin yang 'mikirin' rakyat itu keliatan dari penampilannya,” katanya.

Baca Juga: Koar-koar soal Acara Kumpul-kumpul di GBK, Anggota DPR Minta Relawan Jangan Rusak Kehormatan Jokowi!

"Kalau wajahnya 'cling' bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati-hati,” pungkas Jokowi.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Akurat.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover