Wapres Kunjungi Papua, Bahas Kelanjutan Pemekaran Provinsi Baru

Wapres Kunjungi Papua, Bahas Kelanjutan Pemekaran Provinsi Baru Kredit Foto: BPMI Setwapres

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan mengunjungi 4 Provinsi, mulai dari Provinsi Papua, Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Barat.

Wapres bertolak ke Jayapura pada pagi ini, pukul 08.00 menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Wapres yang didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas, lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma akan transit sejenak di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Provinsi Maluku untuk pengisian bahan bakar sebelum melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, Provinsi Papua, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Pemekaran Provinsi: Abdullah Gazam akan Mundur dari Ketua PKB Papua Barat

Wapres dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura pada pukul 16.50 WITA yang akan disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua.

Selanjutnya, Wapres menuju penginapan tempat Wapres bermalam dan akan melanjutkan agenda kerja di Jayapura pada keesokan harinya.

Kunjungan kerja Wapres kali ini berfokus pada upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP), Wapres ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi Ketua BP3OKP pada 21 Oktober lalu.

Agenda utama Wapres di Jayapura yaitu akan melakukan pembahasan mengenai pelaksanaan Otsus Papua bersama dengan jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), MRP (Majelis Rakyat Papua), Sekretaris Daerah Provinsi Papua beserta jajaran, dan akan meninjau Ruang Sekretariat Badan Pengarah Papua (BPP).

Baca Juga: PKB Bentuk Tim Penjaringan Calon Ketua DPW Papua Barat

Pada hari ketiga yaitu Rabu (30/11/2022), Ma'ruf dijadwalkan untuk mengunjungi Kampung Semangka Jaya Distrik Semangga, Merauke untuk berdialog bersama para petani.

Dari Merauke, Ma'ruf Amin bersama Ibu Wury Bandara terbang menuju Bandara Mozes Kilangin, Provinsi Papua Tengah. Di provinsi tersebut, Ma'ruf akan meresmikan Gedung Somatua Training Center dan Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Mimika.

Pada Kamis (1/12/2022), Ma'ruf akan bertemu dengan Pj Gubernur Papua Barat dan para bupati di provinsi tersebut serta Raha Namatota dan Raja Komisi.

Setelahnya, Wapres dan rombongan akan menuju Biak, Provinsi Papua untuk bersilaturahmi dengan bupati dan perwakilan masyarakat pada perayaan Natal Bersama Pemkab, TNI-Polri dan Masyarakat.

Baca Juga: DPR Bakal Percepat Sahkan RUU Pemekaran Provinsi Papua Barat, Komisi II Desak Bulan Ini

Hari berikutnya, Ma'ruf akan meninjau Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan pelabuhan Pelindo IV di Biak. Kemudian Wapres dan rombongan menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada hari terakhir, Wapres Ma'ruf Amin berangkat menuju Lapangan Merdeka Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan untuk membuka Muktamar As'adiyah XV tahun 2022 dan bersilaturahmi dengan civitas akademika Universitas Muslim Indonesia dan selanjutnya kembali ke Jakarta.

Sebagai Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau disebut Badan Pengarah Papua (BPP), Ma'ruf menginginkan adanya strategi menyeluruh dalam mendorong komoditas-komoditas unggulan Papua, baik sektor pertanian, pariwisata, perikanan dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Santer Isu Prabowo Bakal Gandeng Ganjar di Pilpres 2024, Cak Imin Bakal Berlabuh ke Koalisi Perubahan Jadi Cawapres Anies?

Ma'ruf ingin memastikan tegaknya prinsip, 'No One Left Behind', yaitu agar masyarakat asli Papua tidak tertinggal, bahkan orang asli Papua harus memainkan peran strategis dalam percepatan pembangunan dan otonomi khusus Papua.

Turut mendampingi Wapres Ma'ruf pada kunjungan kerja kali ini, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo; Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Muhammad Imam Aziz, dan Robikin Emhas; serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Johan Tedja Surya

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover