Tidak Benar, Video dengan Klaim Situasi Pasca Gempa di Cianjur

Tidak Benar, Video dengan Klaim Situasi Pasca Gempa di Cianjur Kredit Foto: BPBD Kabupaten Cianjur

Video terkait gempa bumi di Cianjur beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun Twitter pada 21 November 2022. 

Video itu memperlihatkan pemukiman warga dan jalanan yang hancur. Video dilengkapi klaim situasi Cianjur usai diguncang gempa. 

Baca Juga: Jokowi Ngumpul Bareng Relawan di GBK, Murid Tertua Rizieq Ngomel-ngomel: Biayanya dari Mana Tuh? Mending Buat Korban Gempa Cianjur!

Berikut narasi yang melengkapi video terkait. 

"Pray for Cianjur.." 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar video terkait merupakan situasi pasca gempa di Cianjur. 

Video identik ditemukan pada kanal TEGAS.CO BERITA VIDEO PERTAMA DI SULTRA yang diunggah pada 1 Oktober 2018 dengan judul "Video Amatir, Gempa Palu dan Donggala, Rumah & Warga Tertimbun Jalan". 

Baca Juga: Jokowi dan Ribuan Relawannya Kena Semprot Orangnya Mas AHY Gegara Kongkow Bareng di GBK: Mendingan Duitnya Buat Bantu Korban Gempa Cianjur!

Melansir CNBC Indonesiagempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018. Gempa juga mengakibatkan tsunami setinggi 1,5 meter di tepi Pantai Palu. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan klaim situasi pasca gempa di Cianjur adalah tidak benar. Faktanya, video merupakan situasi pasca gempa di Donggala, Sulawesi Tengah. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover