Bukan ke Ganjar, Omongan Jokowi Soal Rambut Putih Diluruskan Elit PDIP: Itu Umum, Gua Juga Rambut Putih

Bukan ke Ganjar, Omongan Jokowi Soal Rambut Putih Diluruskan Elit PDIP: Itu Umum, Gua Juga Rambut Putih Kredit Foto: Istimewa

Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah menampik bahwa ciri-ciri pemimpin yang disampaikan Presiden Joko Widodo tidak spesifik mengarah pada sosok tertentu. Menurutnya, kriteria tersebut umum sehingga tak bisa dialamatkan ke Ganjar Pranowo.

"Bapak Presiden memberikan kriteria toh kriterianya umum banget kok. Gua juga rambutnya putih, tapi karena botak sehingga tidak kelihatan rambut gua putih semua. Jadi biasa saja," katanya kepada awak media pada Senin (28/11/2022) di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta.

"Apa yang disampaikan itu bagi kami biasa-biasa saja. Bapak Presiden tidak mengendorse siapapun," sambung Said. 

Baca Juga: Soal Pemimpin Berambut Putih, Rizal Ramli Blak-blakan Sentil Mas Ganjar: Pangeran Tik Tok Cengengesan Terus, Boro-boro Mikirin Rakyat!

Lebih lanjut, Said menilai bahwa Jokowi pasti sudah paham bahwa yang bisa mengajukan seseorang sebagai Capres atau Cawapres adalah partai politik atau gabungan partai politik, bukan Presiden.

"Persoalan calon presiden calon wakil presiden itu dikeluarkan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Gabungan partai politik dimaknai dalam undang-undang kita ya Parliamentary threshold yang 20 persen. Nah, bapak Presiden tahu persis soal itu," terangnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada relawan untuk tidak memanfaatkan Jokowi untuk mendorong Capres tertentu. Partai Politik, tegas Said, tidak bisa diintervensi oleh siapapun. 

"Tidak perlu lah bapak Presiden didorong-dorong. Pada intinya,  secara konstitusional ketua umum partai punya kedaulatan untuk menentukan Capres, sehingga presiden pun ditentukan oleh Ketum Parpol. Dan Parpol pasti berdaulat, tidak mungkin presiden akan mengintervensi Parpol," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membeberkan bahwa orang yang cocok memimpin Indonesia bisa dilihat secara fisik. Ia berkelakar bahwa pemimpin yang mau merasakan penderitaan rakyat bisa dilihat dari fisiknya, misalnya yang berambut putih karena terlalu banyak mikir rakyat.

Baca Juga: Eks Anak Buah Surya Paloh Sentil Loyalis Anies Baswedan Cs: Pipis Belum Lurus Bisanya Hanya Keroyok Perempuan dan Hina Jokowi

Baca Juga: Bahas Kriteria Pemimpin di GBK, Jokowi Ternyata Lagi Endorse Dirinya Sendiri Buat Lanjutkan Jabatan Jadi Tiga Periode!

"Perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajah karena mikir rakyat, sampai rambutnya putih. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan, hati-hati. Liat rambutnya, kalau putih semua, lha ini mikir rakyat ini," tuturnya.

Terkait

Terkini

Populis Discover