Terseret Kasus Novel Baswedan, Benarkah Tito Karnavian Dicopot dari Mendagri?

Terseret Kasus Novel Baswedan, Benarkah Tito Karnavian Dicopot dari Mendagri? Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Video mencatut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 17 November 2022. 

Video itu dilengkapi sampul dan judul yang mengeklaim Tito dicopot dari Mendagri karena terseret kasus penyiraman air keras terhadap mantan penyidik KPK Novel Baswedan

Baca Juga: Tito Karnavian dan Idham Azis Biang Kerok 'Perang Bintang' di Tubuh Polri

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"TAK BUTUH WAKTU LAMA TITO RESMI DI COPOT MISTERI BUKU MERAH TERBONGKAR, INILAH KEJAHATAN TITO 

BREAKING NEWS ~TITO TERANCAM DI PIDANA, TERBONGKAR DI BELAKANG PENYIRAMAN NOVEL BASWEDAN" 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Tito dicopot dari Mendagri karena terseret kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. 

Video tersebut menarasikan sejumlah artikel dari berbagai media. Di antaranya artikel dari Teras Gorontalo berjudul "Trending di Twitter, Buku Merah Seret Mantan Kapolri Tito Karnavian, Kasus Novel Baswedan Terungkap?", tayang pada 16 November 2022. 

Selanjutnya artikel dari riaunews.com dengan judul "Mengungkap Teka Teki Buku Hitam Sambo vs Buku Merah Tito", tayang pada 15 November 2022. 

Baca Juga: Imbas Gempa di Cianjur, Tito Auto Perintahkan Kepala Daerah Seluruh Indonesia Berikan Sisa Dana Hibah! 'Sekaranglah Saatnya'

Melansir Tempo.cosebelumnya Novel pernah menduga adanya keterlibatan jenderal bintang tiga dalam peristiwa penyiraman air keras terhadap dirinya. Namun, hingga saat ini belum terungkap siapa jenderal bintang tiga yang dimaksud Novel. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Tito dicopot dari Mendagri karena terseret kasus penyiraman air keras Novel adalah tidak benar. Faktanya, belum ada bukti yang jelas tentang keterlibatan Tito dalam kasus yang menimpa Novel. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover