Sebelum Usung Anies, Nasdem Awalnya Mau Calonkan Ganjar, Tapi...

Sebelum Usung Anies, Nasdem Awalnya Mau Calonkan Ganjar, Tapi... Kredit Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir

Seorang pengamat politik dari Citra Institute, Efriza mengungkapkan Partai Nasdem awalnya lebih condong mengusung Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden dan berkoalisi dengan PDI Perjuangan, sebelum akhirnya mengusung Anies Baswedan.

“Nasdem memang sejak awal lebih kepada Ganjar Pranowo dan PDIP. Alasannya sederhana, koalisi sesama nasionalis dan telah terbukti berhaisl menaikkan suara dan peringkat Nasdem selama dua kali Pemilu,” tutur Efriza dilansir dari suara.com pada Senin (28/11/2022).

Sebelumnya, beredar isu adanya perpecahan di internal elite Partai Nasdem, yang diperkirakan akan memengaruhi perolehan suara di pemilihan legislative mendatang.

Beberapa waktu terakhir, Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Nasdem, Siswono Yudo Husodo dan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Nasdem, Enggartiasto Lukita, dikabarkan keluar dari Nasdem.

Baca Juga: Acara Kumpul Bareng Jokowi di GBK Bukan Relawan Asli, Refly Harun: Ketika Pelepasan Anies Itu, Betul Orang-orang Murni

Isu keluarnya tersebut, dikarenakan adanya penolakan keduanya terhadap keputusan Ketua Umum Surya Paloh untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

Efriza menilai langkah tergesa-gesa dalam mengusung Anies sebagai capres akan membuat suara Partai Nasdem anjlok.

“Ini semakin membuat Nasdem terperosok. Ternyata, memilih cepat mendeklarasikan Anies bukan pilihan baik apalagi Nasdem butuh dua partai lagi untuk memenuhi presidential threshold,” katanya.

Baca Juga: Habib Rizieq Lebih Dicintai Rakyat Dibanding Jokowi, Terbukti dari Acara Kumpul-Kumpul Relawan di GBK?

Nasdem dan Anies justru terombang-ambing lantaran manuver-manuver PKB dan Partai Demokrat.

“PKS dan Demokrat mengulur waktu deklarasi koalisi terkait soal cawapres,” ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover