Sah! Presiden Jokowi Resmi Tunjuk KSAL Yudo Margono Gantikan Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Sah! Presiden Jokowi Resmi Tunjuk KSAL Yudo Margono Gantikan Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI Kredit Foto: Taufik Idharudin

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa. Penunjukan ini dilakukan melalui Surat Presiden (Surpres) yang dilayangkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesis (DPR RI) hari ini. 

"Nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI jenderal Andika Perkasa adalah  Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) saat ini," kata Ketua DPR RI, Puan Maharani di Gedung DPR RI, Senin (38/11/2022).

Baca Juga: Bukan ke Ganjar, Omongan Jokowi Soal Rambut Putih Diluruskan Elit PDIP: Itu Umum, Gua Juga Rambut Putih

"Dengan surat resmi presiden telah kami terima, artinya bapak Laksamana Yudo Margono KSAL bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk nanti melaksanakan fit and proper test," sambungnya. 

Ia juga menyebutkan bahwa Jenderal Andika akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember dan masuk masa pensiun 1 Januari 2023 mendatang. Artinya, DPR masih mempunyai waktu yang cukup untuk melaksanakan semua mekanisme sesuai dengan mekanisme di DPR.

Baca Juga: Minta Izin ke Jokowi Buat Tempur Sama Oposisi Sambil Ngepalin Tangan, Benny Rhamdani Ngeles: Itu Acaranya Santai, Video Tidak Utuh!

Puan menegaskan bahwa pengangkatan dan pergantian panglima ini sesuai dengan undang-undang. Adapun prosedur pergantiannya, calon panglima disampaikan paling lambat disampaikan 20 hari paling lama sebelum masa reses. 

"Kami reses 15 desember 2022 yang akan datang. Waktunya untuk bisa penuhi mekanisme dan prosedur dan sesuai undang-undang yang ada masih cukup, karena DPR baru menerima surpres hari ini," tegasnya.

Baca Juga: Ramai Jokowi Bicara 'Pemimpin Rambut Putih', Kang Emil Posting Foto Dirinya Rambut Putih, Pakai Kaca Mata, Senyum Sumringah, Intip Nih!

Sementara itu, Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Pratikno mengucapkan terima kasih karena surat yang dilayangkan Presiden untuk calon Panglima TNI sudah diterima dengan baik. Ia berharap sebelum masa reses, DPR sudah memberikan surat tindak lanjut kepada Presiden sebelum reses.

"Cukup melegakan bagi kami bahwa wsktu masih cukup. Kami harap surat dari DPR bisa diterima Presiden seceapt-cepatnya, sebelum masa reses. Sebelum itu kami harap sudah diterima presiden," pungkasnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover