Gegara Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres, KIB Bakal Ditinggalin Para Kader, Kok Bisa?

Gegara Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres, KIB Bakal Ditinggalin Para Kader, Kok Bisa? Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pengamat Komunikasi dan Politik Jamiluddin Ritonga mengatakan keinginan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024 kemungkinan sangat berisiko. Lantaran, keinginan tersebut membuat KIB makin ditinggalkan kader dari masing-masing partai yang ikut koalisi.

“Mereka akan kecewa berat karena tidak mengusung kadernya,” tuturnya kepada GenPI.co, Minggu (27/11/2022).

Menurut Jamiluddin, mereka juga menjadi yakin jika KIB dibentuk bukan untuk mengusung kadernya. Tapi, memenuhi hasrat oligarki mengusung Ganjar.

“Mereka menjadi yakin KIB hanya menjadi sekoci Ganjar,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa persepsi tersebut terbentuk di para kader partai yang tergabung dalam KIB, mereka akan mencari sosok lain yang pantas untuk didukung. 

Baca Juga: Sebelum Usung Anies, Nasdem Awalnya Mau Calonkan Ganjar, Tapi...

“Gejala itu sudah terlihat di internal PAN dan PPP yang secara vulgar menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan,” katanya.

Akademisi dari Universitas Esa Unggul itu juga mengatakan mereka sudah tak takut berbeda dukungan dengan elite partainya.

Maka dari itu, sebelum hal tersebut terjadi, selayaknya KIB mengurungkan niat untuk mengusung Ganjar.

Baca Juga: Gegara Pernyataan Jokowi soal Pemimpin Rambut Putih, Anak Buah Prabowo: Pemimpin Plonga-plongo Itu yang Paling Pas Jadi Presiden

Sebab, penolakan Ganjar di internal KIB begitu besar.

“Lebih baik KIB mengusung kader dari tiga partai koalisinya. Hal itu dimasudkan untuk menjaga keutuhan KIB,” pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan GenPI.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover