Strategi Megawati Berhasil, Belum Umumkan Capres 2024 Tapi Elektabilitas PDIP Masih Teratas!

Strategi Megawati Berhasil, Belum Umumkan Capres 2024 Tapi Elektabilitas PDIP Masih Teratas! Kredit Foto: Istimewa

Lembaga survei Median baru saja merilis hasil survei nasional yang dilakukan pada 9-17 November 2022. Dalam survei itu ada temuan yang menarik, salah satunya yakni suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang masih berada diurutan teratas.

Elektabilitas PDIP mengalami kenaikan dari survei sebelumnya pada bulan Maret lalu, yakni dari 19,6 persen menjadi 22,5 persen.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menyebut bahwa elektabilitas PDIP tidak terpengaruh dengan sosok Capres 2024. Meski PDIP hingga kini belum menentukan sosok Capres yang akan diusungnya, tetapi suara partai tetap tinggi.

Baca Juga: Survei Median: Elektabilitas PDIP Kokoh di Puncak, Disusul Gerindra dan Golkar

"PDIP sebagai partai politik, sebenarnya siapapun Capres yang akan diusungnya tidak akan mempengaruhi suara partai," ujar Rico dalam pemaparannya di Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2022).

Dia menegaskan, siapapun sosok Capres yang akan diusung PDIP suara partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tetap yang tertinggi.

"Faktor Capres bagi PDIP bukanlah faktor utama menjadi pilihan orang terhadap partai tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut Rico menjelaskan, faktor utama tingginya elektabilitas PDIP karena kader partai banteng itu sering terjun ke masyarakat untuk memberikan bantuan.

Baca Juga: Offside! Pengamat: Jokowi Langkahi Megawati, Kode-Kode Soal Capres Melulu

Diketahui bahwa hingga kini PDIP belum menentukan sosok Capres yang akan diusungnya. Meski dua nama kadernya, yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo sudah digadang-gadang bakal maju Pilpres 2024.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berkali-kali menegaskan bahwa tidak mau terburu-buru dalam menentukan Capres 2024.

"Kan banyak yang bertanya kapan PDIP mengumumkan Capres, ya sabarlah sedikit. Kan masih lama, dua tahun lagi, ya boleh dong saya umpetin aja dulu," ungkap Megawati dalam acara penutupan Rakernas PDIP di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Politikus PDIP Ingatkan Jokowi Disiplin Ikuti Aturan Main Partai: Capres-Cawapres Kewenangan Bu Mega!

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga secara khusus menyampaikan bahwa Megawati selalu meminta kadernya untuk fokus dulu turun membantu masyarakat, ketimbang memikirkan Pilpres 2024.

"Ya kalau kita lihat arahan Presiden Jokowi dan pertemuan dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, masalah perekonomian ini menjadi fokus utama pemerintahan Presiden Jokowi yang didukung oleh PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam keterangannya, Jumat (14/10) lalu.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover