Kalau Tak Mau Jadi Pengangguran Usai Lengser, Jokowi Harus Rebut PDIP Dari Tangan Megawati!

Kalau Tak Mau Jadi Pengangguran Usai Lengser, Jokowi Harus Rebut PDIP Dari Tangan Megawati! Kredit Foto: Setpres/Agus Suparto/Handout

Pengamat Politik Saiful Anam memberikan saran kepada Jokowi agar tak menjadi pengangguran usai lengser dari jabatan Presiden Republik Indonesia.

Menurut Anam, Jokowi diperkirakan akan hanya menjadi petani jika tidak piawai dalam memainkan peran di partai politik.

"Karena Jokowi bukan pejabat dalam parpol dan bukan juga sebagai penentu dalam parpol," ungkapnya dikutip dari RMOL, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Relawan Pengen Jokowi Bersatu dengan Surya Paloh & Megawati Tentukan Capres 2024!

Dia mengatakan bahwa jika hanya mengandalkan peran relawan, Jokowi akan sulit untuk dapat mempengaruhi kontestasi politik nasional.

Jalan satu-satunya agar Jokowi tetap berpengaruh dan dipertimbangkan usai tak menjabat presiden adalah dengan cara merebut PDIP dari tangan Megawati Soekarnoputri.

"Jokowi kalau masih ingin bergigi, ia harus rebut PDIP atau parpol lainnya dan tentunya harus memiliki jabatan strategis dalam parpol, yakni setidaknya ia harus sebagai Ketua Umum," tegas Anam.

Baca Juga: Ternyata Acara Relawan Jokowi Udah Dijadwalkan Dari Tahun Lalu, Tapi Terpaksa Ditunda Karena Hal Ini!

Bila Jokowi tidak merebut posisi Ketua Umum, sama saja seperti macan ompong yang mampu mengaum tetapi tidak bisa menggigit.

Cara seperti itu harga mati bagi Jokowi. Sebab, kata Anam, Jokowi akan kesulitan mempertahankan eksistensinya, apalagi bila yang menang Pilpres adalah calon atau partai yang tidak ia dukung.

"Jokowi akan semakin terjepit pascalengser dari jabatan Presiden, kita lihat SBY yang memiliki parpol dan memiliki hubungan luar negeri yang cukup signifikan," pungkas Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI) tersebut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover