Tirukan Takbir Ala Habib Rizieq, Benarkah Jokowi Usir Relawan Ini dari GBK?

Tirukan Takbir Ala Habib Rizieq, Benarkah Jokowi Usir Relawan Ini dari GBK? Kredit Foto: (Antara/Melalusa Susthira K)

Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 30 November 2022. 

Video itu dilengkapi sampul dan judul yang menarasikan, Jokowi mengusir relawan yang serukan takbir ala Habib Rizieq Shihab dalam acara Nusantara Bersatu. 

Baca Juga: Jokowi Tegas Minta Menteri ATR Berantas Mafia Tanah: : Jangan Kasih Ampun!

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"Kumpulkan Relawan Di GBK ... !!! JOKUWI MARAH BESAR RELAWAN INI DIPAKSA KELUAR SAAT PEK!KKAN TAKBIR TIRU IB HRS 

JKW MURK? || RELAWAN INI DIP?KS? KELUAR DARI GBK SAAT PEK!KKAN T?KBIR T!RU IB HRS" 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Jokowi mengusir relawan yang serukan takbir ala Habib Rizieq dalam acara Nusantara Bersatu. 

Awalnya video membacakan narasi, "Kumpulkan relawan di GBK, Jokowi marah besar. Relawan ini dipaksa keluar saat pekikkan takbir tiru imam besar HRS." 

Namun narasi yang selanjutnya dibacakan berbunyi, "Lebih dicintai umat dibanding Jokowi, Habib Rizieq disesaki umatnya jika dibolehkan hadiri Reuni 212 di Stadion GBK." Narasi tersebut merupakan judul artikel dari RMOL.ID yang tayang pada 27 November 2022. 

Baca Juga: Sentil Jokowi di Reuni 212, Yusuf Martak: Peserta Reuni Rambutnya Hitam tapi Pakai Peci Putih, Mukanya Bercahaya, tidak Berkerut!

Dalam artikel itu, pengamat hukum dan politik Mujahid 212 Damai Hari Lubis menyebut pengikut Habib Rizieq lebih banyak dari relawan Jokowi yang terbukti saat menyambut kepulangan Habib Rizieq dari Arab Saudi pada 10 November 2020 lalu. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Jokowi mengusir relawan yang serukan takbir ala Habib Rizieq adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover