Pemda Aceh Ogah Izinkan Kegiatan di Taman Ratu Safiatuddin Karena Nggak Sudi Dianggap Jadi Basisnya Anies Baswedan Apalagi Surya Paloh!

Pemda Aceh Ogah Izinkan Kegiatan di Taman Ratu Safiatuddin Karena Nggak Sudi  Dianggap Jadi Basisnya Anies Baswedan Apalagi Surya Paloh! Kredit Foto: Istimewa

Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza membeberkan alasan dibalik Pemerintah Daerah (pemda) Aceh yang mencabut izin kegiatan Anies Baswedan di Taman Ratu Safiatuddin. Ia menduga pencabutan itu sengaja dilakukan untuk menghindari terciptanya polarisasi di daerah tersebut.

"Ini yang dikhawatirkan safarinya ini, belum memulai pemilu tapi sudah menciptakan masa yang besar dan bisa terpolarisasi," kata Efriza saat dikonfirmasi Populis.id, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Rizieq Shihab Cs Kumpul-kumpul di Masjid At-Tin TMII, Cucu Nabi Teriak Lantang: Mereka Menggadaikan Agama untuk Urusan Politik!

Efriza menduga, Pemda Aceh tidak ingin wilayahnya diklaim sebagai basis pendukung Anies Baswedan, apalagi sampai dikait-kaitkan dengan identitas sang Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang juga merupakan orang Aceh.

"Terlihat sepertinya itu yang dipilih oleh Pemda Aceh, dia tidak mau daerahnya itu dianggap basisnya Anies apalagi Surya Paloh sebagai ketua umum juga orang Aceh," kata dia.

"Aceh sepertinya memilih untuk tidak melanjutkan atau tidak memberikan izin ke wilayahnya kecuali kalau menjelang pemilihan umum," sambungnya.

Efriza menilai, safari dan silaturahmi politik Anies selama ini kerap membuat lawan politiknya gusar. Sebab, safari politik ini bukan yang pertama kali dilakukan Anies. Sebelumnya, eks Gubernur DKI Jakarta itu turut mengunjungi sejumlah daerah seperti Medan, Tasikmalaya, Solo, Yogyakarta, dan Palu.

Efriza mengatakan jika tidak ada pihak yang menjegal, maka Anies berpotensi mengunjungi seluruh provinsi yang ada di Tanah Air. Dimana hal ini akan sangat menguntungkan Anies dalam membangun basis massa dalam menghadapi Pilpres.

"Dia kalau diberikan kesempatan bisa 38 provinsi dijalani. Karena dia satu satunya calon presiden yang tidak punya pekerjaan saat ini, dan itu menguntungkan dia kalau keliling," ujarnya.

Baca Juga: Reuni 212, Nyali Habib Rizieq Mendadak Ciut Gegara Hal Ini : Udah Ah, Nanti Gue Ditangkap Lagi

Baca Juga: Murid Tertua HRS Klaim Reuni 212 Nggak Bermuatan Politik, Eks Anak Buah AHY Nyeletuk: Kalau Gitu Ganti Nama Aja Jadi Reuni Sobat Yaman

Diketahui, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mencabut izin penggunaan Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh untuk kegiatan jalan sehat dan panggung silaturahmi Anies Baswedan. Kegiatan itu rencananya akan digelar pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Adapun, surat pencabutan itu bernomor 900/096/2022 yang diteken oleh Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Disbudpar Aceh, Azhadi Akbar pada Selasa (28/11/2022).

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover