Bakal Rombak Menteri, Andika Perkasa Bisa Ditarik Masuk Kabinet, Pengamat: Jokowi Marah ke Nasdem, Sebal Karena...

Bakal Rombak Menteri, Andika Perkasa Bisa Ditarik Masuk Kabinet, Pengamat: Jokowi Marah ke Nasdem, Sebal Karena... Kredit Foto: Taufik Idharudin

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komaruddin menilai Andika Perkasa bisa saja ditarik menjadi Menteri masuk dalam cabinet Jokowi-Maruf Amin usai meninggalkan kursi Panglima TNI.

Hal tersebut merujuk dari perjalanan eks Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Usai pensiun pada November 2022, Hadi memang tak langsung dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki kursi Menteri. Ia ditugaskan untuk menjadi Komandan Mandalika.

Jokowi, memerintahkan Hadi untuk menjadi Komandan Lapangan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

“Memang pada reshuffle sebelumnya Pak Hadi belum mendapatkan Menteri. Dia ditugaskan khusus untuk ngurus Mandalika, tapi, pada Reshuffle berikutnya dia dapatlah kursi Menteri itu,” tutur Ujang, Senin (5/12/2022).

Ujang tak menutup kemungkinan jika Andika pun akan diperlakukan seperti Hadi. Perombakan kabinet akan menjadi waktu yang dinanti untuk melihat apakah Jokowi akan menarik Andika ke dalam jajarannya.

Baca Juga: Geger Safari Politik Anies Dilempar Kaos Kaki, Celana Dalam hingga Telur Busuk, Refly Harun: Ujian, Ujian, Tapi Tetep Saja Ini...

Ia juga melihat ada potensi di mana Andika disiapkan untuk mengisi kursi Menteri yang diisi dari Partai Nasdem. Sama seperti isu sebelumnya bahwa tiga Menteri Nasdem akan direshuffle seraya dengan keputusan partai itu untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Dasar pengetahuan yang sejalan dengan tupoksi Menteri juga, kata Ujang, tak begitu diperhatikan oleh Jokowi. Semisal Hadi yang tak mempunyai latar belakang soal pertahanan namun diminta untuk menjadi Menteri ATR/BPN.

Baca Juga: Jokowi Bertanya-tanya soal SBY Dibalik Gerakan 212, Rizal Ramli: Dia Orangnya Pelit, Kalau...

“Mungkin-mungkin saja, karena hari ini kan keliatannya Jokowi marah, Jokowi ke Nasdem itu sebal karena mencapreskan Anies ya kalau sudah marah kan biasanya orang Jawa begitu, bisa melakukan apapun termasuk bisa melakukan reshuffle,” ungkapnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover