Kalau Gak Dicapreskan PDIP, Banyak Partai Antre Ingin Usung Ganjar di Pilpres 2024

Kalau Gak Dicapreskan PDIP, Banyak Partai Antre Ingin Usung Ganjar di Pilpres 2024 Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan bahwa partai politik di luar PDIP sangat berharap Ganjar Pranowo tidak dicapreskan oleh Megawati Soekarnoputri.

"Saya membaca, partai-partai di luar PDIP memang menunggu supaya Ganjar Pranowo tidak dideklarasikan (Capres) dari PDIP," ungkap Adi dalam acara Adu Perspektif detik.com, Senin (5/12/2022).

Menurut dia, partai politik di luar PDIP akan mengusung Ganjar, jika Megawati tidak mencapreskan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga: Nasib Capres NasDem Belum Jelas! Kalau PKS Merapat ke Gerindra, Cita-Cita Anies Jadi Presiden 2024 Pupus

Sebab, kata Adi, Ganjar merupakan sosok yang menarik semua partai politik. Kader PDIP itu bisa meningkatkan elektabilitas partai yang mengusungnya menjadi Capres 2024.

"Mengusung Ganjar itu akan sangat mungkin untuk mendapatkan coattail effect (efek ekor jas), tiga persen, empat persen, lima persen," ujar Adi.

Dia menjelaskan, pemilih Ganjar Pranowo akan memilih partai yang mengusung Gubernur Jawa Tengah itu sebagai Capres 2024.

"Rasa-rasanya, saya melihat partai di luar PDIP berharap Ganjar ini, sekalipun bisa maju tapi bukan dari PDIP," sambungnya.

Baca Juga: Adi Prayitno: PDIP Harga Mati Usung Puan Maharani di Pilpres 2024!

Sebelumnya, Zulkifli Hasan mengaku bahwa semua kader PAN dari berbagai wilayah menginginkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

“Memang hampir semua wilayah begitu suaranya,” ungkap Ketua Umum PAN ini setelah menghadiri acara bersama kader PAN se-Jawa Tengah di Semarang pada Jumat (2/12/2022).

Zulkifli mengatakan akan mengusulkan nama Ganjar untuk didiskusikan bersama dengan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Nanti ada Golkar mengusulkan, PAN mengusulkan, dan PPP mengusulkan, kami berembuk. Soalnya, saya yang umumkan enggak cukup dan enggak bisa, makannya nanti berunding dengan KIB, nanti KIB nambah lagi, prosesnya begitu karena ada syarat 20 persen,” tuturnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover