Indonesia Kirim Senjata untuk Bantu Rusia Serang Ukraina, Benarkah?

Indonesia Kirim Senjata untuk Bantu Rusia Serang Ukraina, Benarkah? Kredit Foto: BPMI Setpres

Video terkait invasi Rusia beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun Facebook pada 28 November 2022. 

Video itu dilengkapi narasi yang mengeklaim bahwa Indonesia mengirim senjata untuk membantu Rusia menyerang Ukraina. 

Baca Juga: Dalam KTT G20 di Bali, Jokowi Sampaikan Alotnya Perdebatan Terkait Isu Perang Rusia dengan Ukraina, Simak!

Berikut narasi yang melengkapi video terkait. 

"Bantu Rusia !! Indonesia Kirimkan Senjta Terbaiknya Ke Ukraina Untuk Ini || Berita Militer Terkini" 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Indonesia mengirim senjata untuk membantu Rusia menyerang Ukraina. 

Narator dalam video tersebut mengatakan, "Militer Indonesia dan Rusia dilaporkan menggelar latihan berskala besar di perbatasan Ukraina." 

Baca Juga: Rudal Rusia Hantam Polandia, KBRI Minta WNI Tenang: Hindari Wilayah TKP

Narasi itu selanjutnya ditelusuri menggunakan mesin pencari Google, hasilnya ditemukan artikel Tempo.co berjudul "Belarus Gelar Latihan Perang Besar-besaran, Ukraina Siap Melawan" yang tayang pada 4 Mei 2022. 

Dalam artikel terkait disebutkan bahwa militer Belarus menggelar latihan perang skala besar di tengah panasnya konflik Rusia-Ukraina. Belarus merupakan sekutu dekat Rusia.

Baca Juga: Disampaikan Obama Langsung, Benarkah Indonesia dapat Satukan AS dan Rusia Lewat G20?

Tentu pelatihan militer ini membuat sejumlah pihak khawatir Belarus akan bergabung dengan Rusia dalam perang di Ukraina. Akan tetapi, Kementerian Pertahanan Belarus membantah jika latihan akan menimbulkan ancaman bagi Ukraina atau negara Eropa lainnya. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Indonesia mengirim senjata untuk membantu Rusia serang Ukraina adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang menyatakan demikian. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover