Biografi Jokowi: Presiden RI yang Dekat dengan Rakyat

Biografi Jokowi: Presiden RI yang Dekat dengan Rakyat Kredit Foto: Government of Indonesia

Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia ke-7 yang lahir di Solo, 21 Juni 1961. Ayah Jokowi bernama Noto Miharjo dan ibunya bernama Sujiatmi.

Beliau  anak  sulung  dari empat  bersaudara dan tiga adiknya adalah perempuan. Jokowi berasal dari keluarga yang jauh dari kemewahan. Pekerjaan ayahnya adalah penjual kayu dan bambu di bantaran kali Karanganyar Solo.

Pendidikan dan Awal Karir Jokowi

Setelah menyelesaikan sekolahnya di SDN 111 Tirtoyoso Solo, Jokowi melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 1 Surakarta. Setelah lulus, Jokowi melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Surakarta.

Pasca kelulusannya dari SMA, Jokowi tetap melanjutkan pendidikannya hingga di perguruan tinggi. Jokowi berkuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Setelah lulus kuliah tahun 1985, Jokowi merantau ke Aceh dan bekerja di salah satu BUMN. Kemudian ia kembali ke Solo dan bekerja di Perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan, CV. Roda Jati.

Pada 1986, Jokowi menikah dengan Iriana, gadis yang dipacarinya sejak maish kuliah dan dikaruniai tiga anak yakni, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Setelah merasa cukup, pada tahun 1998, dirinya berhenti bekerja di CV tersebut dan memulai berbisnis sendiri bermodal dari pengalaman yang pernah ia miliki. Jokowi rajin mengikuti pameran di Jakarta hingga ke luar negeri.

Jokowi pada akhirnya berhasil mengembangkan bisnisnya dan menjadi seorang eksportir mebel dan menggeluti profesinya dibidang ini selama 23 tahun.

Karier Politik Jokowi sebagai Walikota Solo

Pada tahun 2005, Jokowi memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Solo dengan partai politik PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya.

Selama kampanye pun, Jokowi melakukan secara totalitas dan melakukan kampanye door to door. Hingga pada akhirnya, Beliau pun terpilih menjadi Walikota Solo menggantikan Slamet Suryanto.

Selama kepemimpinannya, Solo banyak mengalami kemajuan. Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan yang pesat dan Jokowi banyak menorehkan prestasi selama menjadi walikota.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini