Apa Itu Oligarki?

Apa Itu Oligarki? Kredit Foto: Oxfam Africa

Oligarki merupakan istilah untuk pemerintahan yang mana struktur kekuasaannya dikuasai oleh sekelompok kecil orang kuar, atau beberapa individu terpilih untuk mengendalikan keputusan para pemimpin atau pemerintah.

Oligarki tidak pernah digunakan sebagai istilah resmi untuk bentuk pemerintahan dan hanya digunakan sebagai kritik.

Hal ini sering digunakan sebagai cara untuk menunjukkan pengaruh orang kaya dan berkuasa dalam politik dan pemerintahan yang biasanya digunakan untuk menguntungkan diri mereka sendiri.

Baca Juga: Orang Gerindra Sentil Pemerintah, Kebijakan Jokowi yang Melayani Kepentingan Oligarki ada Tiga

Sebuah negara yang dianggap memiliki pemerintahan oligarki juga bisa disebut sebagai oligarki, seperti dalam pandangan orang diluar bangsa yang menganggap bangsa tersebut sebagai oligarki yang menindas.

Oligarki juga dapat merujuk pada kelas orang yang memiliki kekuasaan dalam sistem semacam ini, seperti di Negara ini dijalankan oleh oligarki yang terdiri dari beberapa industrialis kuat.

Salah satu dari sedikit orang terpilih yang memerintah atau mempengaruhi para pemimpin dalam oligarki dapat disebut oligarki.

Misalnya, Anggota dari hanya tiga keluarga telah menjalankan negara sebagai oligarki selama beberapa dekade, hanya melayani kepentingan mereka sendiri.

Kelompok ini biasanya memiliki beberapa karakteristik yang membedakan di antara mereka, termasuk kekayaan, ikatan politik, agama, atau militer, atau bangsawan. Aturan keluarga oligarki menghasilkan kekuasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Asal-Usul Oligarki

Catatan pertama kata oligarki berasal dari tahun 1570-an berasal dari kata Yunani yakni oligarchía dan dibentuk dari oligo-, yang berarti "sedikit," dan -archy, yang berarti "aturan".

Kata oligarki tidak menyiratkan doktrin atau filsafat politik tertentu. Sebaliknya, ini didasarkan pada fakta bahwa hanya beberapa orang kuat yang mengendalikan berbagai hal.

Dalam pengertian ini, oligarki dapat dianggap sebagai lawan dari demokrasi—setidaknya berdasarkan akar kata dari setiap kata.

Sementara oligarki adalah “aturan dari segelintir orang”, demokrasi dianggap sebagai “aturan dari banyak orang”—demo– berarti “rakyat” dan –krasi berarti “aturan”.

Sejak dahulu, orang-orang yang dianggap oligarki sering dianggap sebagai bagian dari sekelompok kecil orang-orang elite yang berkuasa yang kekuasaannya berasal dari kekayaan, koneksi, atau status lain yang membuat mereka sangat berpengaruh.

Meskipun jumlahnya sedikit, anggota oligarki yang berkuasa atau berpengaruh mungkin tidak selalu setuju dan bahkan mungkin saling bertentangan.

Namun, fakta bahwa mereka termasuk di antara segelintir orang yang memiliki kekuatan nyata membuat mereka menjadi anggota oligarki.

Baca Juga: Bekas Bos BUMN Lantang Ngomong Gini, Jangan Sampai Oligarki Menentukan Presiden 2024

Menyebut suatu pemerintahan, negara, atau sistem sebagai oligarki biasanya menyiratkan bahwa sistem semacam itu melibatkan korupsi dan penindasan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini