Kadernya Dukung Anies, Benarkah Giring Keluar dari PSI?

Kadernya Dukung Anies, Benarkah Giring Keluar dari PSI? Kredit Foto: GenPI

Video mencatut Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 7 Desember 2022. 

Video itu disertai sampul dan judul yang menarasikan, Giring keluar dari PSI lantaran kadernya banyak mendukung Anies Baswedan. 

Baca Juga: Satu Persatu Kader PSI Berguguran, Rocky Gerung: Tak Berhasil Jadi Partai Anak Muda

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"HAJI GIRING KELUAR DARI PSI FRUSTASI KADERNYA RAMAI-RAMAI DUKUNG ANIES

BREAKING NEWS ~ FRUSTASI KADERNYA BANYAK YANG DUKUNG ANIES!! HAJI GIRING PENSIUN!!" 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Giring keluar dari PSI karena kadernya banyak mendukung Anies. 

Video tersebut menarasikan artikel dari Suara.com dengan judul "Sebagian Berpaling ke Anies Baswedan, Ini Deretan Pentolan PSI yang Mengundurkan Diri", tayang pada 6 Desember 2022. 

Baca Juga: Dibongkar Habis! Ternyata Anies Pernah Berterima Kasih ke PSI karena Sering Mengkritisi Formula E

Artikel itu menyebutkan sejumlah elite PSI yang mengundurkan diri pada tahun ini. Sebagian dikatakan keluar dari PSI karena ingin mengambil jalan politik yang berbeda dari partai tersebut. Namun, dari sejumlah nama yang disebutkan tidak ada Giring Ganesha. 

Dengan demikian, video dengan narasi Giring keluar dari PSI karena kadernya dukung Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi kredibel yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover