Pastikan Pengusutan Dugaan Korupsi Formula E Jalan Terus, Omongan Bos KPK Nggak Main-main, Pasang Kuping Baik-baik!

Pastikan Pengusutan Dugaan Korupsi Formula E Jalan Terus, Omongan Bos KPK Nggak Main-main, Pasang Kuping Baik-baik! Kredit Foto: Akbar Nugroho Gumay

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menegaskan penyelidikan dugaan rasuah dalam penyelenggaran balap Formula E terus berjalan. Sebab, kasus itu tidak terpengaruh dengan adanya kepentingan dari pemegang kekuasaan.

"Penyelidikan Formula E tetap jalan, tidak pernah terganggu karena pada prinsip kerja KPK. KPK tidak pernah terganggu dengan kekuasaan manapun," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: Mita Umat Muslim Jangan Pilih Pemimpin Kafir, Rizieq Shihab: Siapa Bilang Hukum Islam Nggak Bisa Jalan di Negara Ini? Bisa! Mari Rebut NKRI!

Meski begitu, KPK masih belum dapat membeberkan adanya perkembangan dugaan rasuah tersebut lantaran masih di dalam tahap penyelidikan. Kata Firli, jika tiba saatnya pihaknya akan segera memberikan informasi perkembangan yang lebih mendetail kepada publik.

Sebelumnya KPK menegaskan pihaknya saat ini masih terus melakukan penyelidikan dugaan rasuah Formula E. 

"Ya masih berjalan, penyelidikan masih berjalan," ucap Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri kepada awak media di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Ali menjelaskan, saat ini tim penyelidik lembaga antirasuah masih mencari apakah ada peristiwa terkait hal tersebut yang nantinya ditemukan tindak pidana.

Baca Juga: Putri Candrawathi Mengamuk Sejadi-jadinya ke Ferdy Sambo: Dari Awal Saya Sudah Tidak Mau, Kenapa Kamu Melibatkan Saya dalam Skenario Ini?

Nantinya, kata dia, bahan keterangan akan dikumpulkan lewat para pihak yang dipanggil untuk dimintai keterangan dan juga klarifikasi terkait hal itu.

"Dari sanalah kami nanti akan analisa lebih lanjut seperti apa, apakah kemudian dihubungkan antara keterangan pihak satu dengan yang lain," tutur Ali.

"Kemudian alat bukti lain yang telah kami miliki saat ini, dianalisa dan kemudian apakah dapat disimpulkan ada peristiwa pidana korupsi dan ada orang yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum," tambahnya.

Baca Juga: Menggelegar! Teriakan UAS Soal Bom Bunuh Diri Benar-benar Menggelegar: yang Bilang Itu Mati Konyol Antek Zionis, Orang Itu Mati Syahid Kok!

Meski demikian, Ali menuturkan, saat ini KPK belum dapat memberikan keterangan terkait perkara tersebut secara lengkap lantaran masih dalam proses penyelidikan. Namun, ia meyakinkan akan segera memberikan informasi perkembangan dari perkara yang dimaksud.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Akurat.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover