Anies Baswedan Bisa Gagal Nyapres Kalau PKS-Gerindra Jadi Rujuk, Ganjar Pranowo Tetap Bisa Maju Pilpres Meski Harus Hengkang dari PDIP!

Anies Baswedan Bisa Gagal Nyapres Kalau PKS-Gerindra Jadi Rujuk, Ganjar Pranowo Tetap Bisa Maju Pilpres Meski Harus Hengkang dari PDIP! Kredit Foto: Istimewa

Pengamat politik Adi Prayitno menyebutkan bahwa menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, berbagai kejutan masih bisa terjadi.

Meskipun belakangan tiga nama seperti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, hingga Ganjar Pranowo santer disebut-sebut bakal berlaga di 2024 mendatang, namun rivalitas bisa berubah.

Baca Juga: Nggak Main-main! Rocky Gerung Minta Pernikahan Kaesang-Erina Dibatalkan Kalau Anies Baswedan…

Pasalnya menurut Adi, Anies bisa saja tak jadi maju di Pilpres. Hal ini terkait dengan kemungkinan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak jadi bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama NasDem dan Gerindra untuk mengusung Anies.

"Belakan PKS sudah mulai muncul akan kembali taaruf dengan Gerindra 2024. Mereka rujuk tidak pisah dan PKS cukup terbuka dengan Prabowo dan Gerindra," kata Adi dalam perbincangannya di Total Politik.

"Kalau PKS lepas dari Koalisi Perubahan, maka sangat mungkin Pak Anies tidak bisa maju, untuk Pilpres," imbuhnya.

Lebih lanjut Adi menyebutkan jika PKS benar-benar tak bergabung Anies benar-benar bisa gagal nyapres karena tidak ada partai lain yang berminat.

"Kalau dia tidak dapat PKS atau Demokrat kok rasanya partai lainnya nggak ada yang berminat, Gerindra dan PKB tidak ada yang berani nyebut Anies, PPP nggak berani juga itu," ungkap Adi.

Berbeda dengan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo malah bisa dapat sekoci lain jika PDI Perjuangan tak mengusungnya.

"Saya asumsikan Ganjar itu misalnya saat ini agak sulit masuk jaringan elit PDIP buat tiket capres. Oke ganjar tidak masuk, tapi partai politik lain kan cukup terbuka," ujar Adi.

"Dulu dikaitkan dengan KIB, deklarasi PAN di berbagai tempat sejumlah pengurus PPP di berbagai tempat yang menyebut Ganjar Pranowo mungkin akan diletakkan di meja perundingan," imbuhnya.

Baca Juga: Kritik Keras Pasal Penghinaan Presiden di RKUHP, Kubu Rizieq Shihab Teriak Lantang: Watak Penjajah!!

Menurut Adi, KIB yang belum secara tegas menyatakan dukungan pada Ganjar hanyalah bentuk krtidak enakan pada Airlangga Hartato.

"Jadi kala Pak Zulhas atau Pak Mardiyono bilang Pak Airlangga enggak bisa maju mereka tak enak hati, jadi pengurus wilayah yang ngomong bahwa jagoan KIB yang paling mungkin diusung adalah Ganjar."

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover