Akbar Faizal Terheran-heran Deddy Corbuzier Dapat Pangkat Letkol dari Prabowo: Negeri Suka-Suka!

Akbar Faizal Terheran-heran Deddy Corbuzier Dapat Pangkat Letkol dari Prabowo: Negeri Suka-Suka! Kredit Foto: (Instagram/@mastercorbuzier)

Eks politikus Partai NasDem Akbar Faizal mengecam pemberian pangkat Letnan Kolonel Tituler TNI kepada Deddy Corbuzier.

Dia mengaku heran mengapa sosok mantan pesulap itu bisa diberikan pangkat Letnan Kolonel oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Akbar lantas mengungkit perjuangan ayahnya sebagai anggota TNI yang hingga akhir hayatnya hanya berpangkat Sersan Satu.

"Bapak saya operasi militer di Irian Barat atau Papua. Lengannya bengkok kena peluru. (Kemudian) operasi di Tim-Tim atau Timor Leste, dapat Bintang Seroja. Hingga wafat berpangkat Sertu. Kami bangga padanya," ujar Akbar dikutip dari akun Twitternya, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Prabowo Berikan Pangkat Letkol TNI ke Deddy Corbuzier, Netizen Nyinyir: Jabatan dan Pangkat Diobral!

Sementara itu, Deddy Corbuzier mendapatkan pangkat Letkol Tituler TNI dari Menhan Prabowo yang telah disetujui Panglima TNI Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurachman, tanpa merasakan perjuangan sebagai anggota TNI.

"Dan seorang pesohor tiba-tiba dapat pangkat Letkol dari Menhan Prabowo, panglima TNI, dan KSAD. Nengeri suka-suka," tandas Akbar.

Sebelumnya, Deddy Corbuzier resmi menyandang pangkat militer Letnan Kolonel (Letkol) Tituler Angkatan Darat.

Surat yang menyatakan Deddy kini resmi menjadi Letkol itu diserahkan langsung oleh Menhan Prabowo Subianto.

“Kebanggan yang luar biasa, penerimaan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan Prabowo,” kata Deddy dalam unggahan di Instagramnya, Jumat (9/12).

Baca Juga: Anak Buah Prabowo Subianto Ungkap Alasan Pemberian Pangkat Letkol Tituler ke Deddy Corbuzier, Oh Ternyata...

Untuk diketahui, pangkat Letkol Tituler yang diterima Deddy ini berkaitan dengan statusnya sebagai Duta Komcad (Komponen Cadangan). Adapun Komcad merupakan program sukarela yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Pangkat Tituler serupa juga pernah diberikan negara kepada sejumlah tokoh pada zaman penjajahan Belanda. Kala itu Paku Alam VI juga pernah diberikan pangkat Kolonel Tituler oleh Belanda.

Selain Paku Alam, pangkat ini juga pernah diberikan kepada seniman Idris Sardi pada tahun 1996. Pemain biola ini diberikan pangkat Letkol Tituler. Idris dipercaya oleh Presiden Soeharto untuk memimpin satuan musik militer atau Satsikmil.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover