Sudah Nggak Tahan Disikat Sana-sini Gegara Ceramah Halalkan Bom Bunuh Diri, UAS Akhirnya Ngomong Juga, Pasang Kuping Baik-baik!

Sudah Nggak Tahan Disikat Sana-sini Gegara Ceramah Halalkan Bom Bunuh Diri, UAS Akhirnya Ngomong Juga, Pasang Kuping Baik-baik! Kredit Foto: Viva

Ustadz Abdul Somad (UAS) angkat bicara setelah sebuah video ceramahnya yang membahas aksi bom bunuh diri viral di media sosial dan langsung menjadi sasaran kritik netizen. Video itu viral setelah aksi bom bunuh diri Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat,  tengah pekan lalu. 

Lewat Koordinator Medianya, Faiz Sumarno, UAS dengan tegas membantah jika dirinya  mengajari jemaahnya untuk melakukan bom bunuh diri dengan iming-iming masuk surga karena mati syahid. 

Baca Juga: Blak-blakan Soal Kasus Pelecehan di Magelang, Putri Candrawathi Ngaku Dipaksa Ferdy Sambo: Iya Saya Takut Dengan Suami Saya, Karena…

“UAS tidak pernah halalkan bom bunuh diri,” kata Faiz Sumarno kepada wartawan Senin (12/12/2022). 

Faiz menegaskan pernyataan UAS soal bom  bunuh diri yang beredar di media sosial sudah dipotong pihak tertentu sehingga terkesan penceramah kondang itu mengamini aksi bom bunuh diri. Kata Faiz pernyataan UAS ketika itu adalah membicarakan perang Palestina. Konteks pembicaraan bom bunuh diri yang diucapkan UAS hanya berlaku di  negara tersebut, bukan untuk wilayah di luar Palestina. 

"UAS dalam kajian di Masjid Raya An Nur Provinsi Riau hanya pernah menjawab pertanyaan jamaah terkait bom bunuh diri (dalam persepsi jama'ah) di Palestina. UAS dengan jelas menerangkan perbuatan masyarakat Palestina adalah istisyhadiyah di tempat yang spesifik, Palestina, itu bukan bunuh diri," jelas Faiz.

leh karena itu, Faiz sekali lagi menegaskan bahwa UAS tidak pernah menyatakan bahwa aksi bom bunuh diri itu halal untuk dilakukan.

"UAS jelaskan fatwa Syaikh Yusuf al-Qaradawi dan fatwa ulama yang lain. UAS tidak pernah membolehkan bom bunuh diri di Indonesia, apalagi di kantor polisi," tutur Faiz.

Sebagaimana diketahui UAS menjadi bulan-bulanan masyarakat pengguna media sosial dan sejumlah tokoh agama karena pernyataannya yang seolah-olah memperbolehkan bom bunuh diri. 

Salah satu orang yang ikut mengecam pernyataan UAS itu adalah Mantan narapidana teroris (napiter) Khoirul Ikhwan. Dia  tampak sangat kesal dengan UAS. Ketimbang koar-koar, Khoirul Ikhwan lantas menantang UAS melakukan bom bunuh diri agar kelak bisa masuk surga. 

Baca Juga: Kuat Ma’ruf Tahu Semuanya Sampai Berat Badan Putri Candrawathi Masih Dihafal: Saya Sudah Sempat Pegang Itunya, Rada Gede Nggak Kuat Aku!

Khoirul Ikhwan meyakini tantangannya ini tidak akan dipenuhi UAS, penceramah kondang itu kata jelas ketakutan duluan apabila diminta meledakkan diri dengan iming-iming mati syahid. 

“Apa UAS berani pasang bom ledakan diri untuk masuk surga?, saya rasa dia takut,” ungkap Khoirul akrab disapa Irul alias Agus dalam Channel Youtube Kaki Gubes dilansir Populis.id Minggu (11/12/2022).

Baca Juga: Akhirnya Mengaku Juga! Ini Loh yang Dilakukan Putri Candrawathi Ketika Brigadir J Dihujani Tembakan, Nggak Nyangka

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terkini

Populis Discover