Pj Gubernur Heru Budi Minta Anggota Banser Potong Infak Masjid dan Shadaqoh, Benarkah?

Pj Gubernur Heru Budi Minta Anggota Banser Potong Infak Masjid dan Shadaqoh, Benarkah? Kredit Foto: Humas Pj Gubernur DKI Jakarta

Narasi mencatut Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beredar di media sosial. Narasi tersebut dibagikan pengguna akun Facebook pada 5 Desember 2022. 

Narasi itu dibagikan dalam bentuk hasil tangkapan layar artikel Kompas.com dengan judul yang seolah menarasikan bahwa Heru Budi meminta anggota Banser memotong infak masjid dan shadaqoh. 

Baca Juga: Langkah Heru Budi Acak-acak Warisan Anies Langsung Dijempolin, Slogan ‘Maju Kotanya, Bahagia Warganya’ Hanya Dusta

Berikut narasi terkait yang dibagikan. 

"Heru Budi minta anggota Banser segera sunat Infak masjid dan shadaqoh" 

Kemudian dilakukan penelusuan untuk cek fakta, tidak ditemukan artikel dengan judul terkait pada laman Kompas.com. 

Artikel dengan tanggal dan waktu tayang yang sama ditemukan pada laman Kompas.com dengan judul "Temui Banser NU, Heru Budi Berpesan Harus Siap Jalankan Bela Negara". 

Baca Juga: Jejak-jejaknya Gencar Dihabisi Heru Budi, Relawan Gak Khawatir Sedikitpun: Pak Anies Pasti Akan Tetap Dihormati!

Artikel tersebut membahas penutupan kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) Banser Akbar 2022 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, pada 30 Oktober 2022, yang dihadiri oleh Heru Budi. 

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi Heru Budi meminta anggota Banser potong infak masjid dan shadaqoh adalah tidak benar. Faktanya, judul artikel pada hasil tangkapan layar yang beredar merupakan hasil suntingan. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover