Apa Rencana Jenderal Andika Perkasa Usai Pensiun dari TNI?

Apa Rencana Jenderal Andika Perkasa Usai Pensiun dari TNI? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan mengakhiri masa dinasnya dalam lingkup militer pada 1 Januari 2023. Namun, dia enggan membocorkan kegiatan selanjutnya usai dirinya resmi pensiun.

"Saya pensiun nanti mulai 1 Januari 2023, walaupun sekarang serah terima (jabatan Panglima TNI) tapi kita sesuai dengan peraturan yang berlaku, baru 1 Januari," kata Andika usai serah terima jabatan Panglima TNI di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: Dari Di-kick Sampai Ada Nama Tuhan Yesus di grup WA Duren Tiga, Kuasa Hukum Bharada E Beri Respons Tak Terduga

"Apa yang saya lakukan? Ya nanti saja setelah saya pensiun, kita ketemu lagi," sambungnya sembari tersenyum.

Para awak media kemudian melontarkan pertanyaan mengenai wacana dirinya yang dinilai bakal mendapatkan posisi sebagai menteri dalam jajaran kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kendati demikian, mantan kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini enggan berkomentar lebih rinci.

"Nanti saja, nanti saja," ujarnya singkat.

Baca Juga: Dibanting 3 Kali oleh Brigadir J, Kuasa Hukum Keluarga Ngaku Heran: Kalau Putri Dibanting Jalannya Agak Pengkor, Ini Enggak Ada...

Sebelumnya, pengamat militer Anton Aliabbas berpendapat, Jenderal TNI Andika Perkasa akan terjun ke dunia politik pascapensiun menjabat sebagai Panglima TNI pada akhir Desember 2022.

"Ada dua kemungkinan yang akan dilakukan Andika pascapensiun," kata Anton di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Pertama, lanjut dia, Andika mungkin akan menyeriusi karier politik dengan menjadi bakal capres atau cawapres dalam Pilpres 2024.

Dalam beberapa kesempatan, kata Anton, Andika memang enggan berkomentar perihal sejumlah survei yang memasukkan namanya sebagai capres atau cawapres 2024.

Baca Juga: Nah Kan... Putri Candrawathi Mau Ngotot Gimana Lagi Nih? Pelecehan Seksual Motifnya Aja Gak Jelas Cuma Dari Pengakuan! Yang Ngomong...

Namun, kata dia, Andika memilih untuk memberi jawaban usai resmi pensiun dari TNI. Sejauh ini, Andika merupakan salah satu nama sosok berlatar militer yang mencuat selain Agus Harimurti Yudhoyono. Namanya pun sempat masuk dalam bursa capres Partai NasDem.

Kemungkinan kedua, ujar dia, adalah masuk dalam kabinet Jokowi karena peluang ini juga terbuka mengingat hubungan dan 'chemistry' antara Presiden Jokowi dan Andika sudah terbangun sejak 2014, ketika Andika menjabat Komandan Paspampres.

"Pemilihan Andika menjadi Panglima TNI pun juga sedikit banyak menunjukkan kepercayaan dan kenyamanan yang dirasakan Jokowi," kata Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) itu.

Menurut dia, jika melihat dari rekam jejak hubungan keduanya, maka bisa saja Jokowi mempercayakan posisi Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dipegang Andika. Apalagi, saat ini jabatan tersebut juga dipegang sosok mantan Panglima TNI, Moeldoko. 

Baca Juga: Di Grup WhatsApp Duren Tiga Ada 'Tuhan Yesus', Gak Cuma Itu! Ada Nama Lainnya Dalam Grup yang Dibuat Ricky Rizal, Nama-nama Itu...

Mengingat posisi Kepala KSP cukup sentral, pos tersebut tentu saja hanya akan diisi oleh sosok yang memang mendapatkan kepercayaan (trust) oleh Jokowi.

"Andika mungkin telah memenuhi prasyarat itu," ucapnya. 

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover