Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar dan Anies Menguat, Prabowo Melemah

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar dan Anies Menguat, Prabowo Melemah Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya mengenai elektabilitas calon presiden (Capres) 2024 mendatang.

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih unggul atas tokoh-tokoh lain untuk Pilpres mendatang. Sementara suara Anies Baswedan mulai menggeser Prabowo Subianto.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menunjukkan bila Pilpres diadakan saat ini, ada 3 nama yang mendapat dukungan paling signifikan, yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies.

Baca Juga: Anies Ingin Mematikan Kebenaran, Teddy Gusnaidi Sebut ‘Semakin Gencar Buat Drama, Seolah-olah Dirinya Good Boy!’

Dalam simulasi semi terbuka dengan daftar 45 nama, Ganjar mendapatkan dukungan 26,5 persen, disusul Anies 18,6 persen, Prabowo 16,8 persen, dan Ridwan Kamil 6 persen.

Konsisten dengan simulasi semi terbuka, Ganjar juga cenderung unggul dalam simulasi tertutup 4 nama dan 3 nama. Dalam simulasi 4 nama di mana yang bersaing adalah Anies, Ganjar, Prabowo, dan Puan Maharani.

Ganjar mendapatkan dukungan 32,8 persen, Anies 27,1 persen, Prabowo 25,5 persen, dan Puan 2,4 persen. Masih ada 12,1 persen yang belum menjawab.

Baca Juga: Dikacangin Ibu Mega Cs,Ganjar Pranowo Justru Berpeluang Besar Berpasangan dengan Airlangga, Mbak Puan Siap-siap Aja Digilas!

Dalam simulasi tertutup 4 nama di mana yang maju adalah Airlangga Hartarto, Anies, Ganjar, dan Prabowo. Ganjar konsisten unggul dengan perolehan suara 32,4 persen, disusul Anies 26,8 persen, Prabowo 25,6 persen, dan Airlangga 3 persen. Masih ada 12,1 persen yang belum menentukan pilihan.

Sementara dalam simulasi tertutup 3 nama di mana yang maju adalah Anies, Ganjar, dan Prabowo, urutan pertama masih ditempati Ganjar dengan dukungan 33,7 persen, kemudian Anies 28,1 persen, dan Prabowo 26,1 persen. Masih ada 12,1 persen yang belum menentukan pilihan.

Baca Juga: Ngaku Siap Nyapres, Tapi Sandiaga Ngomong: Saya Terus Berkoordinasi dengan Prabowo...

Deni menambahkan bahwa dalam 1,5 tahun terakhir dukungan untuk Ganjar dan Anies menguat, sementara Prabowo melemah.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terkini

Populis Discover