Biografi Vladimir Lenin: Revolusioner dan Pemimpin Pertama Uni Soviet

Biografi Vladimir Lenin: Revolusioner dan Pemimpin Pertama Uni Soviet Kredit Foto: Wikimedia commons

Vladimir Ilich Ulyanov atau Vladimir Lenin merupakan alah satu tokoh politik terkemuka dan pemikir revolusioner abad ke-20, yang mendalangi pengambilalihan kekuasaan Bolshevik di Rusia pada tahun 1917, dan merupakan arsitek dan kepala pertama Uni Soviet.

Baca Juga: KPK Telanjangi Bukti-Bukti Formula E Sampai Mas Anies Lengser!

Lenin adalah sumber anumerta "Leninisme," doktrin yang dikodifikasi dan digabungkan dengan karya-karya Marx oleh penerus Lenin untuk membentuk Marxisme-Leninisme, yang menjadi pandangan dunia Komunis.

Dia telah dianggap sebagai pemimpin dan pemikir revolusioner terbesar sejak Marx.

Pendidikan dan Awal Karir Lenin

Vladimir Ilich Ulyanov yang kemudian dipanggil dengan nama Ulyanovsk lahir di Simbirsk di Sungai Volga, Rusia pada 22 April 1870 dalam keluarga terpelajar.

Dia unggul di sekolah dan melanjutkan untuk belajar hukum. Semasa ia berada di universitas, ia dihadapkan pada pemikiran radikal.

Pandangannya juga dipengaruhi oleh eksekusi kakak laki-lakinya, Aleksandr pada 1887 seorang anggota kelompok revolusioner yang berencana untuk membunuh Kaisar Alexander III.

Dengan ayahnya yang sudah meninggal, Lenin sekarang menjadi kepala keluarga.

Dikeluarkan dari universitas karena kebijakan radikalnya, Lenin akhirnya diasingkan ke tanah kakeknya di desa Kokushkino, Lenin tinggal bersama saudara perempuannya Anna.

Baca Juga: "Kalau Ada Komentar Santri Tutup Kuping Karena Musik itu Bentuk Radikalisme, Itu Lebay!"

Di sana, Lenin membenamkan dirinya dalam sejumlah literatur radikal, termasuk novel What Is To Be Done? oleh Nikolai Chernyshevsky, yang menceritakan kisah seorang karakter bernama Rakhmetov, yang membawa pengabdian tunggal untuk politik revolusioner.

Lenin juga menyerap tulisan Karl Marx, filsuf Jerman yang bukunya terkenal Das Kapital akan berdampak besar pada pemikiran Lenin. Pada Januari 1889, Lenin mendeklarasikan dirinya sebagai seorang Marxis.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini