Punya Orang Dalam KPU, Inikah Penyebab Jokowi Selalu Menang Pemilu?

Punya Orang Dalam KPU, Inikah Penyebab Jokowi Selalu Menang Pemilu? Kredit Foto: Twitter/@jokowi

Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 20 Desember 2022. 

Video itu dilengkapi sampul dan judul yang menarasikan, Jokowi memiliki orang dalam Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehingga selalu menang pemilu. 

Baca Juga: Akhirnya Kelar Mediasi dengan KPU, Partai Ummat Diberi Waktu Penuhi Syarat di NTT dan Sulut

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"PANTESAN JOKOWI SELALU MENANG PEMILU TERNYATA INI ORANG DALAMNYA 

Terbongkar.! Segera Sebarkan Sebelum Dihapus, Ternyata Ini Penyebab Jokowi Selalu Menang Pemilu" 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Jokowi memiliki orang dalam KPU sehingga selalu menang pemilu. 

Video tersebut mengambil cuplikan dari tayangan kanal Refly Harun yang diunggah pada 19 Desember 2022 dengan judul "LIVE! KOALISI NGO: KPU DIDUGA KERAS AKTOR DI BALIK KECURANGAN!" 

Baca Juga: Sebut Pemilu Buat Halangi Anies Saja, Rocky Gerung: Kan Gila, Terbaca KPU Ini…

Dalam cuplikan itu Refly Harun membacakan siaran pers Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih yang menduga KPU sebagai aktor di balik kecurangan pemilu mendatang. Namun tidak disebutkan nama Jokowi dalam siaran pers tersebut. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Jokowi memiliki orang dalam KPU sehingga selalu menang pemilu adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi terkait dalam video tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover