Komisioner KPU Idham Holik Diduga Beri Perintah Loloskan Tiga Partai Baru

Komisioner KPU Idham Holik Diduga Beri Perintah Loloskan Tiga Partai Baru Kredit Foto: Taufik Idharudin

Komisioner KPU Idham Holik diduga memberi instruksi untuk meloloskan partai tertentu saat verifikasi partai politik. Intruksi itu diduga disampaikan kepada seluruh KPU daerah agar meloloskan tiga parpol, yakni Partai Gelora, Partai Kebangkitan Nusantara, dan Partai Garuda.

Idham Kholid sendiri membantah terkait tuduhan memberi intruksi untuk meloloskan parpol tertentu. Ia mengeklaim, arahan yang disampaikannya kepada KPU daerah dalam konteks agar anggota KPU di daerah melaksanakan instruksi sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan KPU pusat.

Baca Juga: Ngeri! Idham Holik Diduga Ancam KPU Daerah untuk Loloskan 3 Partai atau Masuk Rumah Sakit

SE itu mengatur soal mekanisme verifikasi faktual partai peserta Pemilu 2024. Idham mengatakan, beberapa KPU tingkat provinsi dan kabupaten masih ada yang belum mengikuti arahan sesuai SE.

"Konteksnya itu siapa yang tidak tegak lurus maksudnya tidak disiplin melaksanakan SE. itu dan ada SE nya. Dan tidak ada konteks memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat," katanya, dalam keterangan, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Benarkah Mahfud MD Pastikan Ada Kecurangan dalam KPU?

Intruksi Idham Holik ini diduga diberikan usai rapat konsolidasi nasional KPU dengan KPUD seluruh Indonesia di Jakarta. Tuduhan ini dilontarkan salah seorang anggota KPUD yang enggan disebutkan namanya.

Idham Holik diduga memerintahkan KPU daerah untuk meloloskan verifikasi kabupaten atau kota walaupun tidak memenuhi syarat. Idham diduga mengancam KPUD untuk 'keluar barisan' jika tidak mengikuti instruksi dari KPU pusat.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terkini

Populis Discover