Digusur Andika Jadi Capresnya Anies Baswedan, Mentok-mentok AHY Cuma Jadi Menteri!

Digusur Andika Jadi Capresnya Anies Baswedan, Mentok-mentok AHY Cuma Jadi Menteri! Kredit Foto: Taufik Idharudin

Pengamat Politik, Dedi Kurnia menegaskan bahwa sosok Mantan Panglima TNI Andika Perkasa memang sejak awal digadang-gadang oleh Partai NasDem sebagai salah satu kandidat Calon Presiden (Capres). 

Menurut Dedi, Andika tidak akan menggeser Anies sebagai Capres, tapi justru mendampingi sebagai Cawapres. 

"Andika bukan nama baru dalam wacana koalisi perubahan, karena sejak awal Nasdem sudah memunculkan bersama nama Anies, dan membaca peluang Andika tidak akan menggeser nama Anies, justru bisa saja akan berdampingan," katanya saat dihubungi Populis.id pada Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Nggak Ada yang Percaya Cerita Pelecehan Putri Candrawathi, Ferdy Sambo Mendidih, Langsung Teriak Kencang: Saya Doakan Semoga Istri Kalian…

Ia menegaskan bahwa kemungkinan itu bisa terjadi meskipun pihak Demokrat ingin AHY sebagai Capres atau Cawapres Koalisi Perubahan. Dedi menilai Demokrat tak akan keberatan karena Susilo Bambang Yudhoyono merupakan tokoh kunci di Partai tersebut.

"Dan SBY punya hubungan yang baik dengan keluarga Andika, termasuk dengan Andika sendiri. Ini memungkinkan Demokrat mengajukan Andika, bukan AHY. Dan AHY sendiri sangat mungkin merestui pasangan Anies-Andika," terangnya.

Justru dibanding dengan AHY, Dedi menganggap bahwa soliditas pemilih lebih mungkin terbangun saat Anies dipasangkan dengan Andika. Karena dua orang itu sama-sama dari non kader partai politik.

Ia tak heran jika selama ini Demokrat masih menyodorkan nama AHY, pasalnya sekarang masih dalam proses negoisasi alot. Namun Dedi mensinyalir AHY akan mendapat kursi menteri, bukan sebagai RI 1 atau R1 2.

"Sepanjang belum ada deklarasi, wajar saja konsisten suarakan AHY, tetapi akhirnya bukan tidak mungkin AHY akan masuk dalam wacana kabinet, bukan Cawapres. Alotnya deklarasi, lebih mungkin faktor PKS. Bukan Demokrat," pungkasnya. 

Baca Juga: Menag Yaqut Kena Disentil Orang PKB Gegara Dianggap Sindir Anies Baswedan Pas Sambutan Natal: Jangan Lebay!!

Sebelumnya, Partai NasDem mengaku masih melakukan komunikasi dengan Andika terkait Pilpres 2024. Ketika masih menjabat sebagai Panglima TNI, Andika masuk ke jajaran kandidat calon presiden atau capres yang diinginkan Partai NasDem.

Setelah Anies Baswedan yang terpilih, nama Andika lantas kembali menguat untuk menjadi cawapres yang diusung partai besutan Surya Paloh tersebut. Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengaku komunikasi dengan Andika masih terus berjalan hingga saat ini.

Baca Juga: Bela Putri Candrawathi Soal Pelecehan, Saksi Ahli Justru Kena Sembur Irama Hutabarat: Kalau Orang Diperkosa Nggak Ada yang Tenang!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover