Kristenphobia Parah, Persekusi Natal Jadi ‘Agenda’ Tahunan, Abu Janda: Apa di Negara Ini Cuma Orang Islam yang Boleh Ibadah di Rumah?

Kristenphobia Parah, Persekusi Natal Jadi ‘Agenda’ Tahunan, Abu Janda: Apa di Negara Ini Cuma Orang Islam yang Boleh Ibadah di Rumah? Kredit Foto: Instagram/@permadiaktivis2

Pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda, menanggapi video viral yang memperlihatkan perseteruan antara sejumlah warga beragama Islam dengan umat Nasrani yang tengah merayakan Natal di kediamannya masing-masing.

Melalui sebuah postingan yang dibuatnya, Abu Janda mengunggah cuplikan video saat seorang wanita tengah marah-marah ke sejumlah warga yang keberatan karena umat Nasrani beribadah di rumahnya pada Hari Natal.

Baca Juga: Djarot Minta Mentan dan Menteri KLHK Dievaluasi, Langsung Kena Sentil Elit Nasdem: Reshuffle Karena Kena OTT, Kayak Juliari Batubara!

Dalam video tersebut, wanita perekam video menyebut bahwa perbuatan segelintir orang itu merupakan penghinaan dan zalim. “Ayo, ramai-ramai kalian menghina kami, menzalimi kami, silakan. Ibadah cuma berapa menit,” pungkasnya.

Setelah itu, terdengar percakapan antara wanita itu dengan seorang pria paruh baya yang memakai peci berwarna hitam.

“Tapi ini kan kami bukan gereja ini pak. Ini tanggal 25,” tegas wanita itu.

Pria paruh baya menanggapi, “Yang namanya orang Nasrani itu ibadah di gereja, bukan di tempat lain. Kalau ibu bilang ini bukan gereja, berarti ibu enggak sah ibadah di sini.”

“Enggak masalah. Bapak mau (bilang) sah apa enggak, Tuhan kami yang tahu pak,” tegas wanita perekam.

Pria itu menyampaikan, “Tapi buat kami ini keberatan.”

Baca Juga: Jokowi Belum Bisa Pastikan Kapan PPKM Dicabut: Masih Tunggu Kajian

“Ruginya bapak apa? Apa bapak ruginya?” tanya wanita tersebut.

Seorang pria yang diduga juga kaum Nasrani kemudian menyahut, “Ini Hari Natal lho pak, bukan ibadah Minggu.”

Melihat video tersebut, Abu Janda pun merasa heran dan bertanya-tanya apakah hanya orang Islam yang boleh beribadah di rumah. Ia juga menyayangkan aksi kristenphobia yang parah di negara ini sehingga seperti menjadi agenda tahunan untuk mempersekusi Natal.

“Apa di negara ini cuma orang islam yang boleh ibadah di rumah, orang kristen tidak boleh? begitu parah kristenphobia sampai persekusi ibadah natal jadi agenda rutin tahunan,” ujarnya dikutip Populis.id dari postingan akun Instagram @permadiaktivis2 yang diunggah pada Senin (26/12/2022).

Insiden itu sendiri diduga terjadi di Cilebut, Kabupaten Bogor. Abu Janda kemudian menyolek akun Instagram otoritas terkait, baik pihak Jawa Barat maupun keagamaan.

Baca Juga: Lihat Umat Nasrani Ibadah di Rumah Pas Natal, ‘Penghuni Sorgawi’ Meradang: Ibadah Itu di Gereja, Kalau Enggak ya Enggak Sah!

Abu Janda menjelaskan, “Infonya di desa cilebut kab. bogor, info dari @lovers_polri. hapunten kang walikota @bimaaryasugiarto meuni karunya kang, mugi tiasa dibantu. Akun bupati bogor ibu ade yasin na teu tiasa dimention.”

“Cc: akang gubernur @ridwankamil , gus menag @gusyaqut @ansor_satu stafsus kemenag bib @kangzaman #saynotokristenphobia,” tutupnya menandaskan.

Postingan yang sudah disukai lebih dari 10.000 kali itu sontak menimbulkan berbagai macam reaksi dari netizen, banyak juga yang ikut mengkritik pria paruh baya tersebut.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover