Noel Joman Marah Sejadi-jadinya, Minta Tindakan Brutal Warga Bogor yang Halangi Umat Kristiani Ibadah Natal Diproses Hukum

Noel Joman Marah Sejadi-jadinya, Minta Tindakan Brutal Warga Bogor yang Halangi Umat Kristiani Ibadah Natal Diproses Hukum Kredit Foto: Taufik Idharudin

Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebennezer mengecam sekaligus mengutuk keras tindakan sejumlah warga yang menghalangi serta melarang umat Kristiani melakukan ibadah Natal di sebuah desa di Cilebut, Bogor, Jawa Barat.

Immanuel atau akrab disapa Noel menilai itu sebagai tindakan brutal dan biadab karena telah menciderai nilai-nilai yang tertuang dalam Undang-undang yang ecara jelas memberikan hak dan kebebasan kepada masyarakat untuk beribadah.

"Tindakan sebagian kecil masyarakat yang melarang dan menyerang umat Kristiani melakukan kebaktian natal di tanggal 25 Desember 2022 lalu, melukai dan menciderai hak warga negara Indonesia untuk beribadah sesuai agama yang dianut," kata Noel di Jakarta, Senin (26/12/22).

Baca Juga: Kristenphobia Parah, Persekusi Natal Jadi ‘Agenda’ Tahunan, Abu Janda: Apa di Negara Ini Cuma Orang Islam yang Boleh Ibadah di Rumah?

Menurutnya, perlakuan semacam itu tidak bisa dibiarkan karena berpotensi meluas ke beberapa daerah lainnya. Ia meminta agar hal tersebut ditindaklanjuti ke jalur hukum.

"Ini sudah keterlaluan dan layak masuk ke ranah hukum. Karena tidak boleh hal ini terjadi di seluruh Indonesia," kata dia.

Tidak sampai disitu, Noel menegaskan siapapun yang melalukan pelarangan dan menghalang-halangi umat Kristiani beribadah di hari Natal adalah tindakan yang jelas melawan hukum, bertentangan dengan Pancasila dan melanggar hak asasi manusia (HAM). 

"Tindakan mereka tidak memiliki dasar hukum dan justru mereka telah melanggar hukum, upaya menghancurkan kerukunan antar umat beragama," tegas Noel. 

Baca Juga: Bukan Anies-Andika, Relawan Berharap Anies Dipasangkan dengan Kader Parpol Buat Bantu Dongkrak Suara di Pilpres 2024

Karena itu, kata Noel, masyarakat Kristiani yang mengalami kejadian pelarangan dan pengusiran atau apapun namanya, harus segera melaporkan kepada pihak berwajib ke Polres Bogor dan Komnas HAM. 

"Joman melihat peristiwa ini harus diselesaikan secara hukum dan dituntaskan. Agar ke depan tidak ada lagi pelecehan, pelarangan dan upaya menghalang-halangi umat Kristen yang sedang beribadah Natal," tandas Noel.

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan video seorang umat Kristiani yang sedang memprotes kepada warga setempat karena merasa dihalang-halangi. Tidak hanya warga, dalam video tersebut juga ada sejumlah aparat keamanan yang tengah berjaga.

"Kerugian kalian apa melarang kami beribadah? apa kerugian kalian pak?," teriak seorang umat Kristiani, dikutip dari Twitter @26Jujan, Senin (26/12/2022).

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover