Anies Baswedan Pakai Nama Baptis Yohanes, Kubu Rizieq Shihab Tetap Anteng: Nggak Apa-apa, Islam Mengajarkan Toleransi

Anies Baswedan Pakai Nama Baptis Yohanes, Kubu Rizieq Shihab Tetap Anteng: Nggak Apa-apa, Islam Mengajarkan Toleransi Kredit Foto: YouTube/ Islamic Brotherhood Television | IBTV

Kubu Rizieq Shihab sama sekali tidak mempersoalkan nama baru Anies Baswedan yang diberikan oleh pemuka Kristen Papua ketika mengunjungi rumah doa Alfa Omega, beberapa waktu lalu. Bakal calon presiden dari NasDem itu diberi nama baptis Yohanes. 

Murid tertua Rizieq Shihab, Novel Bamukmin mengatakan penggunaan nama baptis Yohanes itu tidak secara otomatis membuat Anies Baswedan murtad. Sebab penggunaan nama baru itu tidak melewati ritual agama Kristen seperti pembaptisan. 

Baca Juga: Sampai Segitunya! Jangankan Ganti Nama Jadi Yohanes, Anies Baswedan Kalau Disuruh Makan Daging Babi Asal Jadi Presiden Langsung Mau Dia

"Selama perbedaan itu tidak dicampur adukan (pluralisme) maka tidak apa-apa," kata Novel kepada Populis.id, Selasa (27/12/2022)..

Novel melanjutkan, pemberian nama Yohanes kepada Anies Baswedan adalah bagian dari toleransi beragama di Indonesia. Bahkan kata dia cara bertoleransi eks Gubernur DKI Jakarta itu juga telah dinubuatkan dalam kitab suci Alquran. 

"Perlu diperjelas bahwa dalam syariat Islam toleransi terhadap perbedaan, kemajemukan, kebhinekaan atau pluralitas adalah wajib," kata dia.

"Yang diharamkan dalam syariat islam adalah pluralisme dan sudah diperkuat oleh fatwa MUI tahun 2005 dengan ketetapan nomor 7 bahwa pluralisme dilarang atau haram," tambahnya memungkasi.

Baca Juga: Alamak! Mas Anies Dapat Nama Baptis Yohanes Baswedan dari Pemuka Kristen, Sudah Login Nih?

Baca Juga: Ngotot Ngaku Dilecehkan Yosua, Putri Candrawathi Malah Kena Skakmat Kubu Bharada Eliezer: Kalau Benar Kenapa Bikin Laporan Palsu?

Sebelumnya, dalam potongan video yang diunggah melalui akun Twitter Komunitas Katolik Garis Lucu menunjukkan bahwa Anies tengah mengunjungi rumah doa di Papua. Anies disambut pemuka agama setempat sambil dikalungkan sebuah noken dan menyebut nama baptis.

"Anak kami Anies datang di Rumah Tuhan dengan nama Yohanes," ucap sang pemuka agama.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover