Apa Itu Leninisme?

Apa Itu Leninisme? Kredit Foto: VOV World

Leninisme merupakan bagian dari teori politik organisasi demokratis suatu partai politik revolusioner dan pencapaian demokrasi langsung kediktatoran proletariat sebagai awal dari sosialisme.

teori-teori politik dan ekonomi Lenin menjadi pedoman doktrin Uni Soviet.

Lenin menggunakan teori Marxis yang sesuai dengan kondisi sosial masyarakat agraris di Kekaisaran Rusia (1721–1917).

Baca Juga: Apa Itu Marxisme?

Dalam praktik revolusi, Leninisme membalik urutan filosofi Marxis mengenai ekonomi di atas politik sehingga memungkinkan terjadinya revolusi politik yang dipimpin oleh partai pelopor revolusioner. 

Daripada harus menunggu terjadinya revolusi kelas buruh di perkotaan secara spontan sebagaimana yang dinyatakan dalam Marxisme.

Pasca-Revolusi Oktober 1917, Leninisme merupakan varian yang dominan dari Marxisme yang selanjutnya menjadi ideologi resmi demokrasi Soviet (melalui dewan pekerja) di Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia sebelum melebur ke dalam Uni Soviet pada tahun 1922.

Sebagai istilah ilmu politik, Leninisme mulai digunakan secara umum pada tahun 1922, hanya beberapa saat setelah Lenin terserang stroke yang membuatnya tidak lagi aktif berpartisipasi dalam Partai Komunis Rusia.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada Kongres V Komintern, Juli 1924, Grigory Zinoviev mempopulerkan penggunaan istilah Leninisme.

Modifikasi Marxisme oleh Lenin menekankan bahwa imperialisme adalah bentuk tertinggi dari kapitalisme.

Teori Lenin menghubungkan secara empiris kebangkitan kapitalisme di negara pasca-feodal (Rusia) dengan sifat imperialis kapitalisme dan pengaruhnya terhadap struktur kelas negara-negara 'inti' dan 'pinggiran'.

Baca Juga: Kuping AHY Dkk Bakal Panas Dengar Omongan Fahri Hamzah, Kader Demokrat Dikatai Jadi Penyalur Bansos Doang

Terdapat implikasi besar, yakni, pertama, imperialisme mengeksploitasi negara-negara berkembang yang secara bersamaan mengarah pada perkembangan kapitalisme di negara-negara tuan rumah yang bergantung dan peningkatan standar hidup para pekerja di negara-negara asal yang dominan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini