Apa Itu Fasisme?

Apa Itu Fasisme? Kredit Foto: detikcom

Fasisme adalah ideologi yang kompleks. Beberapa orang menggambarkannya sebagai serangkaian tindakan politik, filosofi politik atau gerakan massa.

Sebagian besar definisi setuju bahwa fasisme bersifat otoriter dan mempromosikan nasionalisme dengan segala cara, tetapi karakteristik dasarnya masih diperdebatkan.

Baca Juga: "Bagaimana Bisa Napoleon Mengeluarkan Pernyataan Seperti itu Kalau Tak Menonton, Diduga Dia Miliki Fasilitas Berupa HP"

Menurut Robert Paxton, fasisme adalah "suatu bentuk praktik politik khas abad ke-20 yang membangkitkan antusiasme rakyat melalui teknik propaganda yang canggih."

Menurut Paxton, fasisme menggunakan propaganda semacam itu untuk mempromosikan:

  1. anti-liberalisme, menolak hak-hak individu, kebebasan sipil, perusahaan bebas dan demokrasi
  2. anti-sosialisme, menolak prinsip-prinsip ekonomi berdasarkan kerangka sosialis
  3. pengucilan kelompok tertentu, seringkali melalui kekerasan
  4. nasionalisme yang berusaha memperluas pengaruh dan kekuasaan bangsa

Fasisme umumnya dikaitkan dengan rezim Italia dan Jerman yang berkuasa setelah Perang Dunia I, meskipun negara-negara lain juga telah diperintah oleh rezim fasis.

Adolf Hitler di Jerman, Benito Mussolini di Italia, Francisco Franco di Spanyol dan Juan Perón di Argentina adalah pemimpin fasis paling terkenal di abad ke-20.

fasisme telah berkembang lebih jauh dalam lanskap politik abad ke-21. Namun, ideologi dan tujuan fasis inti yang dianut oleh orang-orang seperti Hitler dan Mussolini masih ada di organisasi populis saat ini, dan terus membentuk gerakan fasis di negara-negara di seluruh dunia.

Asal Usul Istilah Fasisme

Mussolini menciptakan istilah "fasisme" pada tahun 1919. Kata "fasisme" berasal dari bahasa Italia "fascio," yang berarti kumpulan atau kelompok, dan dianggap sebagai istilah untuk persaudaraan militan.

Kata "fasces" berarti kapak yang diikat erat dengan tongkat, sebuah gambar yang menjadi simbol gerakan fasis, menurut Departemen Sejarah di King's College di Wilkes-Barre, Pennsylvania.

Baca Juga: Duh... 2 Tahun Pemerintah Jokowi-Ma'ruf Marak Serangan Digital

Di Roma kuno, lictors (pelayan hakim) akan memegang fasces sebagai simbol kekuatan pidana hakim mereka.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini