Bupati Cianjur Dilaporin ke KPK Gegara Diduga Selewengkan Dana Bantuan, Netizen: Pantes Dia Ini Bilang Kalau Gempa Bawa Berkah..

Bupati Cianjur Dilaporin ke KPK Gegara Diduga Selewengkan Dana Bantuan, Netizen: Pantes Dia Ini Bilang Kalau Gempa Bawa Berkah.. Kredit Foto: Istimewa

Bupati Cianjur, Herman Suherman, dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh kelompok masyarakat yang menamai diri mereka sebagai Acsenahumanis Respon Foundation.

Menurut perwakilan Acsenahumanis Respon Foundation, pihak asing yang bernama Emirates Red Crescent, memberikan bantuan kepada para korban gempa berupa 2.000 lembar selimut, 25 ton beras, 1.000 paket kebersihan, 500 lampu bersumber tenaga solar, dan battery charger untuk tenda.

Baca Juga: Natalius Pigai Mencak-mencak Gegara Jokowi Naik ke Altar Pas Perayaan Ekaristi Maha Kudus, Denny Siregar: Jadi Gini, Pig..

Namun, mereka menilai Herman sudah melanggar standar operasional prosedur (SOP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengubah bantuan tersebut ke kemasan partai yang kemudian dijual di pasar.

Salah satu netizen yang menyoroti kabar tersebut adalah pengguna akun @_tukangrosok pada Selasa (27/12/2022).

Melalui sebuah cuitan yang dibuatnya, ia mengunggah tangkapan layar berita yang berjudul, “Diduga Selewengkan Dana Bencana, Bupati Cianjur Dilaporkan ke KPK.”

Saat menguggah foto tersebut, pengguna akun @_tukangrosok kemudian menyinggung pernyataan Herman yang menyebut bahwa bencana gempa membawa berkah untuk Cianjur.

“Pantes beberapa waktu lalu Bupati Cianjir ini bilang kalau bencana gempa membawa berkah. Ternyata berkah bagi diri dan keluarganya,” ujarnya dikutip Populis.id dari cuitan akun @_tukangrosok pada Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Ikut Soroti Soal Isu TGB Bakal Gantikan SYL Jadi Menteri Pertanian, Jubir Perindro Beri Komentar Begini, Simak!

Sebelumnya, Herman memang pernah mengatakan, “Ini ada bantuan dari pemerintah pusat luar biasa. Sehingga ending-nya bencana membawa berkah buat Kabupaten Cianjur, sehingga Cianjur IPM (indeks pembangunan manusia)-nya akan naik, stunting akan turun sehingga Cianjur akan maju dan mandiri.”

Setelah pernyataan itu menimbulkan banyak kecaman, Herman akhirnya meminta maaf. “Terkait yang banyak beredar mengenai isu bencana membawa berkah, saya atas nama pribadi, atas nama Pemkab Cianjur memohon maaf kepada warga masyarakat Kabupaten Cianjur terkait pemberitaan tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, soal dirinya yang menjual bantuan korban gempa ke pasar dengan kemasan baru, Herman langsung menepis tudingan itu. Ia menegaskan kalau tugas seorang Bupati masih banyak yang lain, terlebih saat ini pihaknya masih fokus dalam penanganan bencana.

Herman menegaskan bahwa sejak awal justru dirinya yang memberikan peringatan kepada jajarannya untuk tidak menyelewengkan bantuan para korban gempa Cianjur. Ia juga mengaku siap untuk dimintai keterangan oleh KPK apa adanya.

Terkait

Terkini

Populis Discover