Nama-Nama Capres Belum Juga Muncul, Pengamat: Parpol Tengah Alami Kegalauan Akut

Nama-Nama Capres Belum Juga Muncul, Pengamat: Parpol Tengah Alami Kegalauan Akut Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Pengamat politik Adi Prayitno memprediksi tahun 2023 akan menjadi tahun kegalauan partai politik.

Pasalnya, partai politik bakal dikejar-kejar waktu untuk segera menentukan sosok Capres-Cawapres 2024.

"Semua partai politik sepanjang tahun 2022 hingga awal 2023 itu akan mengalami apa yang disebut dengan kegalauan akut," ucap Adi dalam acara Dua Sisi TVOne, dikutip Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Hasil Survei: Prabowo Subianto Menang Telak di 2024 Kalau Duet Sama Ganjar Pranowo

Pernyataan Adi Prayitno itu bukan tanpa alasan. Memang sepanjang tahun 2022 hanya Partai NasDem yang sudah menyatakan dengan tegas sosok Capresnya, yakni Anies Baswedan.

Bahkan, partai besutan Surya Paloh itu secara terang-terangan bersafari politik ke berbagai daerah untuk mengkampanyekan Anies sebagai capres.

Tak hanya itu, Partai NasDem sedang membangun komunikasi dengan PKS dan Partai Demokrat untuk membentuk Koalisi Perubahan. Koalisi itu nantinya akan jadi kendaraan politik Anies.

Baca Juga: PDIP Belum Juga Tentukan Capres, Masinton: Stok Kader Banyak, Bu Mega Nggak Galau!

Sementara itu, partai lain terlihat melempem. Partai Golkar, PPP, dan PAN yang digadang-gadang akan mencuri start Pilpres nyatanya tak kunjung mendeklarasikan sosok capresnya.

Ketiga partai itu hanya mendeklarasikan koalisi bersama yang diberi nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hingga akhir tahun 2022, koalisi itu hanya menggelar pertemuan-pertemuan rutin tanpa menghasilkan nama capres yang diusung.

Baca Juga: Heboh Anies Dapatkan Nama 'Yohanes' dari Pemuka Agama di Papua, NasDem: Ini Kan Penghargaan dari Pihak Lain, Justru...

Begitu juga dengan Partai Gerindra dan PKB. Meski kedua partai telah mendeklarasikan koalisi, namun belum ada nama pasti yang akan mereka usung.

PKB ngotot ingin mencalonkan Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar, sedangkan Gerindra juga kepengen Prabowo Subianto maju di Pilpres.

Sedangkan PDIP sebagai partai satu-satunya yang bisa mengusung capres tanpa berkoalisi juga belum menentukan sosok yang akan maju.

Baca Juga: Tanggapan NasDem Soal Anies Diberi Nama Yohanes

Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu digadang-gadang tengah galau menentukan capres.

Megawati sebagai Ketua Umum ditenggarai bingung antara memilih Puan Maharani atau Ganjar Pranowo untuk menjadi capres.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover