Apa Itu Klerikalisme?

Apa Itu Klerikalisme? Kredit Foto: The Independent

Definisi sederhana dari kamus Oxford tentang istilah klerikalisme adalah penyalahgunaan atau perluasan otoritas pendeta.

Klerikalisme adalah sikap yang tidak teratur terhadap pendeta, rasa hormat yang berlebihan dan asumsi superioritas moral mereka.

Dalam deskripsi singkat Paus Fransiskus, Para klerus merasa mereka lebih tinggi, sehingga mereka jauh dari umat.

Baca Juga: Telak ! Jokowi Disebut Berpikiran Pendek

Namun, seperti yang ditulis Paus Fransiskus, klerikalisme dapat dibina oleh para imam sendiri atau oleh orang awam.

Orang awam juga dapat jatuh ke dalam klerikalisme.

Orang awam dapat jatuh ke dalam pemikiran bahwa kontribusi mereka terhadap kehidupan Gereja hanya kelas dua, atau bahwa dalam segala hal, pasti "Bapa tahu yang terbaik," atau bahwa kebajikan imam menghabiskan kebajikan Kristen.

Dalam Gereja Katolik, ada tiga tingkatan tahbisan, pertama, tahbisan diakonat, baik diakon tetap maupun diakon peralihan.

Kedua, ada tahbisan imamat dan, ketiga, ada tahbisan keuskupan — yaitu seseorang ditahbiskan sebagai uskup.

Seseorang yang menjadi kardinal atau bahkan paus tidak ditahbiskan untuk posisi itu, melainkan dipilih atau dihormati dengan gelar itu. Kardinal dan paus adalah uskup.

Bagian definisi selanjutnya yang harus dilihat adalah otoritas; setiap orang yang ditahbiskan diberi semacam otoritas atau kekuasaan yang datang dengan posisi itu.

Diakon, imam dan uskup diberi wewenang untuk membaptis, berkhotbah, melakukan banyak pekerjaan Allah yang harus dilakukan oleh para klerus.

Otoritas ini sering membuat yang ditahbiskan menjadi pelayan yang efektif, tetapi dengan otoritas itu muncul tanggung jawab. Di situlah bagian pertama dari definisi berperan.

Klerikalisme adalah penyalahgunaan atau perpanjangan wewenang. Pendeta yang terjerumus ke dalam jebakan klerikalisme menganggap dirinya berhak dan harus diperlakukan dengan hak istimewa.

Baca Juga: Optimistis Garuda Indonesia Punya Masa Depan Cerah, Alasannya?

Sering ada pengertian superioritas. Apa yang dilupakan oleh pendeta itu adalah ajaran Yesus bahwa yang pertama akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang pertama.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini