Cuma PDIP yang Sepakat Pemilu Proporsional Tertutup, Imin PKB Teriak Lantang: Kesannya Mau Sabotase Sistem!

Cuma PDIP yang Sepakat Pemilu Proporsional Tertutup, Imin PKB Teriak Lantang: Kesannya Mau Sabotase Sistem! Kredit Foto: Twitter Puan Maharani

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menolak keras wacana Pemilu pada 2024 mendatang menggunakan sistem proporsional tertutup. Yakni pemilih diminta cukup mencoblos Partai Politik. 

Menurut Cak Imin, apabila wacana itu digulirkan jauh sebelum waktu Pemilu maka masih bisa didiskusikan secara mendalam. Jika sudah mendekati Pemilu baru digulirkan, maka wajar jika menjadi pertanyaan di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Tolak Pembangunan Masjid, Cucu Nabi Mencak-mencak ke Ridwan Kamil: Hei… Tuhan Tidak Parkir di Masjid atau di Kabah, Ngapain Buang-buang Duit

"Kalau wacana sistem pemilu itu 4 tahun 5 tahun sebelum pemilu mungkin sangat logis ya, rasional, dan tidak terkesan menyabotase sistem," katanya kepada awak media di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (10/01/2023).

Ia menekankan, wacana yang diutarakan mendekati waktu Pemilu justru berbahaya bagi demokrasi. Sebab, semua tahapan Pemilu sudah dilaksanakan, bahkan jadwal pencoblosan pun sudah ditetapkan.

"Kalau pemilu sudah sangat dekat begini, kemudian semua persiapan sudah berjalan, anggaran dan berbagai perencanaan sudah tahapannya berlangsung tiba-tiba perubahan sistem akan sangat membahayakan demokrasi kita," ucapnya.

"Oleh karena itu kita bersepakat untuk menolak semua usulan yang bernuansa tertutup," pungkasnya. 

Baca Juga: Kalau Begini Terus Islam Bakal Hancur! Cucu Nabi Marah Besar Lihat Kelakuan Ridwan Kamil

Baca Juga: Wanita Tukang Zinah, Kelakuan Putri Candrawathi Dibongkar Habis-habisan Sama ART dalam Persidangan, Mohon Jangan Kaget Lihat Faktanya!

Senada dengan Gus Muhaimin, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad juga menolak adanya Pemilu tertutup. Ia menegaskan bahwa mayoritas fraksi yang ada di DPR sudah tegas dan final tidak sepakat dengan hal tersebut. 

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover