Pura-pura Sakit, Benarkah IDI Ungkap Alasan Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK?

Pura-pura Sakit, Benarkah IDI Ungkap Alasan Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK? Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Video mencatut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 10 Januari 2023. 

Video itu disertai sampul dan judul yang menarasikan, IDI mengungkap Gubernur Papua Lukas Enembe pura-pura sakit agar tidak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Baca Juga: Kecam Indonesia, Bos Kelompok Separatis Papua Minta Lukas Enembe Segera Dibebeskan: Dia Ditahan Atas Tuduhan Korupsi Palsu!

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"IDI BONGKAR MODUS LUKAS PURA-PURA SAKIT MANGKIR PANGGILAN KPK, LUKAS DIJEMPUT PAKSA 

TERUNGKAP..!! IDI BONGKAR PENYAKIT LUKAS ENEMBE TERNYATA HANYA SETTINGAN." 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak benar IDI mengungkap Lukas Enembe pura-pura sakit agar tidak memenuhi panggilan KPK. 

Video tersebut menarasikan sejumlah artikel dari Kompas.com. Diantaranya artikel berjudul "KPK Bergerak untuk Cek Sejumlah Aset Lukas Enembe yang Diduga Hasil Korupsi", tayang pada 6 Januari 2023. 

Baca Juga: Lukas Enembe Digaruk KPK, Mas AHY Ngegas Sejadi-jadinya: Hukum Ditegakkan dengan Adil, Jangan Tebang Pilih!

Serta artikel dengan judul "Lukas Enembe yang "Istimewa" dan KPK yang Tak "Bergigi"", tayang pada 8 Januari 2023. 

Dengan demikian, video dengan narasi IDI mengungkap Lukas Enembe pura-pura sakit agar tidak memenuhi panggilan KPK adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover