Megawati Diyakini Usung Ganjar Jadi Capres, Pengamat: Peluang Puan Maharani Berat!

Megawati Diyakini Usung Ganjar Jadi Capres, Pengamat: Peluang Puan Maharani Berat! Kredit Foto: Istimewa

Pakar Politik UGM Mada Sukmajati menilai bahwa Megawati sudah memberikan kode akan mengusung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Hal ini menurutnya, dengan tidak mengumumkan sosok Capres PDIP saat acara HUT Selasa kemarin, semakin menguatkan dugaan publik bahwa Megawati akan memilih Ganjar ketimbang Puan Maharani.

"Sebenarnya kemarin memutuskan untuk tidak mengumumkan itu sebenarnya ya justru mengkonfirmasi dugaan publik bahwa PDIP akan mencalonkan Ganjar Pranowo," kata Mada dalam diskusi 'Menyongsong Tahun Politik 2024' di IGM, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga: Tangis Puan Maharani Pecah Saat Kenang Perjuangan Menitih Karier Politik & Ingat Pesan Megawati

Menurut Mada, PDIP dipastikan mengusung Ganjar. Apalagi elektabilitas Gubernur Jawa Tengah selalu moncer di sejumlah survei. Sedangkan elektabilitas Puan sampai saat ini dinilai masih rendah, sehingga PDIP nantinya akan kesulitan mendongkrak elektabilitas Ketua DPR itu.

"Kalau Bu Puan kan berat ya untuk ngangkat dalam waktu dekat ini elektabilitasnya," ujarnya.

Sementara itu, ia juga merespons rumor yang menyebut bahwa PDIP akan mengusung Megawati. Meskipun secara prosedural hal itu bisa dilakukan, namun hal tersebut tetap saja dinilai akan menyulitkan langkah PDIP untuk bisa hattrick sebagai pemenang pemilu.

Baca Juga: Puan Maharani: Ibu Mega Sayang Banget dan Hormat ke Pak Jokowi

"Ya kita kan nggak tau, sejauh ini seperti yang ada di survei lembaga-lembaga kredibel kan nama Bu Mega nggak ada," tuturnya.

Dengan belum diumumkannya calon presiden yang diusung PDIP, Mada menilai masih sulit untuk menerawang berapa kandidat capres yang akan bertarung di Pilpres 2024.

Baca Juga: Punya Darah Biru, Puan Maharani Belum Tentu Dapat Golden Tiket Pilpres 2024

Selain Anies Baswedan yang telah mendapat dukungan dari Partai Nasdem, menurutnya kemungkinan Partai Gerindra juga akan mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

"Termasuk kalau kita bicara Pak Prabowo. Pak Prabowo ini kan juga memiliki posisi yang  sebenarnya sangat strategis juga di dalam konstelasi pencalonan presiden kita ini," ucapnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover