Anak Muda Minggir Dulu! Ini Dia Sosok Sepuh yang Bakal Jadi King Maker Pilpres 2024

Anak Muda Minggir Dulu! Ini Dia Sosok Sepuh yang Bakal Jadi King Maker Pilpres 2024 Kredit Foto: Twitter/@jansen_jsp

Pengamat politik Hasan Nasbi mengungkap sejumlah tokoh politik yang akan menentukan dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hasan menilai, sejumlah tokoh tersebut bakal menjadi King Maker. Mereka yang akan menjadi King Maker ini bukanlah sosok baru dalam perpolitikan Indonesia, bahkan usianya 70 tahun ke atas.

Hasan Nasbi menyebut mereka yang akan menjadi King Maker adalah generasi pertama yang menikmati buah reformasi sejak tahun 1999.

"Aktor utama dalam politik Indonesia tidak berbeda jauh dalam 20-an tahun terakhir, dari tahun 1999 lah. Aktor politik utama tidak jauh berbeda, orangnya masih itu-itu aja. Walaupun banyak generasi muda yang muncul, tapi belum menjadi pemain utama," ucap Hasan Nasbi dikutip dari YouTubenya, Minggu (15/1/2023).

Baca Juga: Kakak Megawati Blak-blakan Dukung Ganjar Ketimbang Puan, Alasannya Bikin Tercengang!

Sosok King Maker yang pertama adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ibu Megawati sudah jadi ketua partai dari tahun 99, sudah jadi wakil presiden pada sat itu. Tahun 2001-nya malah jadi presiden, dan hari ini masih sangat kuat. Masih sangat power full memimpin partai," sambungnya.

Selanjutnya, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Karier poltik SBY dimulai saat menjabat menteri pada tahun 1999 era Presiden Gus Dur hingga Presiden Megawati. Kemudian, ia mendirikan Partai Demokrat dan lantas mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2004.

Baca Juga: Ayah Brigadir J Minta Ferdy Sambo Cs Dijatuhi Hukuman Mati!

Usaha SBY mencalonkan diri sebagai presiden tak sia-sia. Ia berhasil terpilih memimpin Indonesia selama dua periode sejak 2004 hingga 2014.

Kini SBY menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang menurut Hasan Nasbi masih akan berpengaruh menentukan sosok calon presiden 2024.

Sosok yang ketiga adalah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Bos Media Grup ini sudah terkenal sejak tahun 1999.

"Meski belum punya jabatan dan sampai hari ini kan nggak punya jabatan, tapi ia (Paloh) aktif di Golkar pada sat itu. (Paloh) pernah jadi Ketua Dewan Pembina Golkar. Hari ini (Paloh) malah semakin kuat, karena punya partai sendiri, Partai Nasional Demokrat (NasDem)," ungkap pendiri Cyrus Network tersebut.

Baca Juga: Rizal Ramli Kritik Jokowi: Image Merakyat Ternyata Cuma Dusta! Dia Pengabdi Oligarki

Sosok keempat ada nama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. JK dianggap akan menjadi King Maker pada Pilpres mendatang.

"Pak Jusuf Kalla, walaupun hari ini nggak punya jabatan resmi tapi dua kali jadi wakil presiden. Tahun 1999 itu Pak JK udah jadi menteri, kemudian dua kali jadi wakil presiden, dan hari ini masih sangat lincah untuk menjadi King Maker dan masih diperhitungkan oleh seluruh pemain utama politik di Indonesia," ucap Hasan.

Lebih lanjut, Hasan menjelaskan, sosok terakhir yang akan menjadi King Maker adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: Efek Cak Nun, Elektabilitas Prabowo Perkasa di Jawa Timur, Unggul dari Ganjar & Anies

"Pak prabowo waktu itu sudah terkenal, udah menjabat Pangkostrad tahun 1999. Kemudian sempat ke luar negeri beberapa saat, tapi balik lagi sempat mau jadi Capres Golkar. Beberapa kali jadi Capres kala itu, sekarang jadi menteri. Dan, sekarang makin kuat karena memimpin partai dan mungkin menjadi salah satu calon presiden paling kuat," tandasnya.

Kelima orang tersebut kini berusia 70 tahun ke atas, tetapi Hasan Nasbi meyakini mereka akan menjadi aktor utama yang sangat menentukan pada Pilpres 2024 mendatang.

"Tahun 2024 nanti itu Pak JK mungkin usianya 84, Pak SBY mungkin usianya 75, Pak Prabowo dan Pak Surya Paloh usianya 73, Bu Mega usianya 77," kata Hasan.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover