Puan Maharani Pasrah dengan Keputusan Megawati, Kode Ganjar yang Bakal Maju Pilpres 2024?

Puan Maharani Pasrah dengan Keputusan Megawati, Kode Ganjar yang Bakal Maju Pilpres 2024? Kredit Foto: YouTube UBK

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku tidak memikirkan soal Capres yang akan dipilih Megawati Soekarnoputri. Ia mengaku pasrah menerima apapun keputusan Megawati ihwal Capres PDIP.

Menanggapi kepasrahan Puan itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif menilai pernyataan putri Megawati itu adalah suatu hal yang wajar.

Sebab, hal tersebut berarti Puan masih mematuhi aturan dan pesan dari Ketua Umum PDIP yang juga Ibu kandungnya sendiri. Terlebih lagi, elektabilitas Puan pun masih rendah dibandingkan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Kakak Megawati Blak-blakan Dukung Ganjar Ketimbang Puan, Alasannya Bikin Tercengang!

"Menurut saya ada plus minusnya dari pernyataan Puan, pernyataan tersebut menunjukkan kedisiplinan kader partai dalam keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa keputusan capres tegak lurus terhadap keputusan ketua umum," kata Ikhwan kepada wartawan, Senin (16/1/2022).

Ikhwan menyampaikan bahwa para kader PDI Perjuangan sejauh ini tampak sangat disiplin soal tak terburu-buru mendeklarasikan diri sebagai bakal capres dan cawapres.

Akan tetapi, Ikhwan melihat ada alasan lain dalam pernyataan Puan tersebut. Menurutnya, Puan di sisi lain dinilai pasrah terhadap keputusan Megawati Seokarnoputri.

Baca Juga: Puan Maharani Bingung Dirinya Nggak Disukai Banyak Orang: Nggak Tahu Kenapa?

Kata Ikhwan, Puan secara tidak langusung tidak bisa saja Puan memberikan kesempatan besar bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai bakal capres.

"Karena sejauh ini kalau kita korelasikan terhadap faktor elektabilitas mungkin Ganjar lebih berpeluang besar mendapatkan tiket capres," imbuhnya.

Hal utama yang diperlihatkan dari keduanya, jelas Ikhwan, keduanya hingga hari ini tidak terburu-buru mendeklarasikan diri untuk maju sebagai capres.

Maka sikap ini lebih kepada kedisiplinan kader partai PDIP dalam mematuhi instruksi Ketua Umumnya sendiri.

Baca Juga: Megawati Jual Mahal, Pengamat: Dia Bisa Usung Kadernya di Menit Terakhir, Jadi Wajar Saja...

Lebih lanjut, Ikhwan mengaku tak bisa memungkiri bahwa Puan secara tak langsung bisa saja melakukan citra dirinya sendiri.

Dalam artian Puan memposisikan dirinya 'merendah' untuk seolah tidak dicapreskan, untuk karena posisi istimewanya sebagai putri Megawati, pernyataan itu membawanya lebih 'melangit'.

Padahal dalam pidatonya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sering kali mengatakan peran perempuan dalam politik. Dimana secara tidak langsung, bisa saja keputusan capres Megawati itu mengarah langsung ke Puan Maharani.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover