Apa Itu Komunisme?

Apa Itu Komunisme? Kredit Foto: VOI.id

Komunisme adalah sistem politik dan ekonomi yang berusaha menciptakan masyarakat tanpa kelas ketika alat-alat produksi utama, seperti tambang dan pabrik, dimiliki dan dikendalikan oleh publik.

Dalam definisinya yang lain, Komunisme adalah ideologi politik dan ekonomi yang memosisikan dirinya bertentangan dengan demokrasi liberal dan kapitalisme.

Baca Juga: Takut Dengan 'Lord' Luhut, Elite Demokrat: Ngeri Gak Lo Punya Pejabat Publik Begini?

Sebaliknya menganjurkan sistem tanpa kelas di mana alat-alat produksi dimiliki secara komunal dan kepemilikan pribadi tidak ada atau sangat dibatasi.

Tidak ada milik pemerintah atau swasta atau mata uang, dan kekayaan dibagi di antara warga negara secara merata atau sesuai dengan kebutuhan individu.

Istilah komunisme

Penggunaan modern istilah ini berasal dari Victor d'Hupay, seorang bangsawan Prancis abad ke-18 yang menganjurkan tinggal di "komune" bahwa semua properti akan dibagi, dan "semua dapat mengambil manfaat dari pekerjaan semua orang."

Meskipun istilah komunisme tidak mulai digunakan sampai tahun 1840-an, masyarakat yang dapat dianggap komunis telah dijelaskan sejak abad ke-4 SM, ketika Plato menulis Republik.

Karya itu menggambarkan masyarakat ideal di mana kelas penguasa mengabdikan dirinya untuk melayani kepentingan seluruh komunitas.

Orang-orang Kristen pertama mempraktikkan bentuk komunisme yang sederhana, dan di Utopia (1516) humanis Inggris Thomas More menggambarkan sebuah masyarakat imajiner bahwa uang dihapuskan dan orang-orang berbagi makanan, rumah, dan barang-barang lain yang sama.

Namun, komunisme paling banyak diidentifikasi dengan Karl Marx, yang menguraikan sistem dengan Friedrich Engels dalam Manifesto Komunis (1848).

Cakupan Marx terhadap komunisme sebagian dimotivasi oleh ketidakadilan yang disebabkan oleh Revolusi Industri.

Manifesto Komunis

Komunis Ideologi komunis modern mulai berkembang selama Revolusi Prancis.

Baca Juga: Sebut Refly Harun Selalu Tak Objektif ke Jokowi, Ruhut Sitompul: Maklum Dipecat 2 Kali Dari Komut BUMN

Banyak ajaran komunisme berasal dari karya-karya revolusioner Jerman Karl Marx, yang (bersama Friedrich Engels) menulis Manifesto Komunis (1848).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini