Cak Nun Sebut Jokowi Bak Firaun Terus Mau Dipolisikan, Lah.. Anies Pernah Juga Disebut Firaun sama Loyalis Jokowi, Kaga Baperan Tuh...

Cak Nun Sebut Jokowi Bak Firaun Terus Mau Dipolisikan, Lah.. Anies Pernah Juga Disebut Firaun sama Loyalis Jokowi, Kaga Baperan Tuh... Kredit Foto: Instagram/@caknundotcom

Pakar Hukum Tata Negara dan Pengamat Politik, Refly Harun menyebut bahwa kritikan kepada pemimin negara merupakan hal biasa.

Hal ini ia sampaikan setelah belakangan heboh perihal pernyataan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun yang menyebut Jokowi seperti Firaun. Pernyataan ini langsung mendapat serangan dari buzzer dan loyalis Jokowi hingga mengancam akan dipolisikan.

Baca Juga: Cak Nun Berulah Sebut Jokowi Bak Firaun, Wakilnya Menag Yaqut Auto Angkat Bicara! Kalimatnya Mak Jleb

Namun, terungkap kelompok yang sama pernah menyebut Anies Baswedan sebagai Firaun. Kata Refly, kalau tidak ada yang suka, bisa dibalas dengan kritik bukan dengan melaporkan si pengkritik ke polisi. 

“Kalau saya, kalau cuma diserang netizen saja tak ada masalah. Yang paling penting tak perlu dikriminalkan itu saja,” kata Refly di kanal Youtube pribadinya dikutip pada Jumat (20/1/2023).

Baca Juga: Aspal Masih Basah, Peresmian Jalan Underpass Dewi Sartika Depok Bikin Sandal Warga Meraung, Netizen: Ett Ada-ada Bae Yak...

Ia menilai baik Jokowi maupun Anies Baswedan kala disebut Firaun adalah sebuah kritik yang disampaikan secara tajam. Maka, pendukung dan buzzer Jokowi tidak perli melaporkan Cak Nun ke polisi.

“Bedanya adalah, Anies tidak baperan dan pendukungnya tidak pernah ngelaporin. Kalaupun dilaporin tidak diproses juga,” katanya.

Baca Juga: Lukas Enembe Masih Sakit, Ke Kamar Mandi Aja Dibantuin Tahanan Lain, Eh KPK Diaduin ke Komnas HAM, Terus Bingung: Di Mana Melanggar HAM-nya?

Diketahui, Koordinator Gardu Banteng Marhaen (GBM), Sulaksono Wibowo menilai jika  pernyataan Cak Nun belebihan pada Jokowi, sehingga akan melaporkannya ke polisi.

“Kami nilai pernyataan Cak Nun menyebut Jokowi itu Firaun sudah keterlaluan dan telah menghina kepala negara dan pemerintah. Kami akan segera melaporkan Cak Nun ke Bareskrim Mabes Polri,” ujar Sulaksono. 

Baca Juga: Penangkapan Lukas Enembe Jadi 'Lonceng Peringatan' Buat Siapa Pun! Hati-hati Nih Pejabat Negara, KPK Tak Pandang Bulu

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi soroti perihal potongan video ceramah Cak Nun alias Emha Ainun Najib yang menyebut Presiden Jokowi sebagai Firaun viral di media sosial.

Zainut mengimbau kepada siapa pun khususnya penceramah agama untuk tidak menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri presiden dan/atau wakil presiden di depan umum.

Baca Juga: Abis JPU Tuntut Bharada E 12 Tahun Penjara! Emak-emak Pendukungnya ini Tahan Nangis Sambil Gemeteran Ngomong: Anak Kecil Itu, Dimanfaatin!

"Apa pun alasannya tindakan tersebut tidak dibenarkan menurut ajaran agama dan ketentuan hukum," kata dia dalam keterangan tertulis yang dikutip Populis.id pada Jumat (20/1/2023). 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover