Anies Ungkap Hasil Korupsi Bansos Dipakai Jokowi Buat Kampanye, Benarkah?

Anies Ungkap Hasil Korupsi Bansos Dipakai Jokowi Buat Kampanye, Benarkah? Kredit Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Video terkait dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) DKI beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 22 Januari 2023. 

Sampul dan judul video seolah menarasikan, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap hasil korupsi bansos digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kampanye Pemilu 2019. 

Baca Juga: Jleb Banget, Orang PKS Samber Habib kribo: Hanya Karena Anies Dapat Penghargaan di Inggris, Ente Bilang Pelacur? Sejak Kapan...

"DIUNGKAP OLEH ANIES & DIAKUI KPU HASIL KORUPSI BANSOS SUDAH DIGUNAKAN JOKOWI NYAPRES TAHUN LALU," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"Hasil Bansos Era Jokowi Ahok Sudah Digunakan Untuk Nyapres Tahun Lalu ! Anies Berhasil Bongkar Ini??" demikian bunyi judul video terkait. 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Anies mengungkap hasil korupsi bansos digunakan Jokowi untuk kampanye Pemilu 2019. 

Video menarasikan sejumlah artikel dari berbagai media. Diantaranya artikel dari RMOL.ID berjudul "Andrianto: Muncul Dugaan Dana Korupsi Kementerian Mengalir Untuk Kampanye Jokowi", tayang pada 31 Desember 2018. 

Baca Juga: Usai Disinggung Jokowi soal Proyek Sodetan, Anies Lanjut Jadi Bulan-bulanan PSI: Biar ini Jadi Bahan Pembelajaran...

Serta artikel dari Tempo.co dengan judul "Sylviana Sebut Jokowi dalam Kasus Dana Bansos, Ahok Bereaksi", tayang pada 23 Januari 2017. 

Dengan demikian, video dengan narasi Anies mengungkap hasil korupsi bansos digunakan Jokowi untuk kampanye adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover